Wow! Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Viaberita.com, Manfaat Daun Pepaya – Tentunya Anda sudah tidak asing bukan dengan pepaya? Jenis tanaman tropis yang satu ini sangat mudah ditemui karena memang dapat tumbuh di hampir semua daerah di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?

Pepaya memang sudah sejak dulu dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya, namun juga bagian daunnya. Hal ini bukan tanpa alasan, pepaya memang memiliki berbagai kandungan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin, serat, hingga berbagai jenis mineral yang baik untuk tubuh.

Daun pepaya yang dikenal dengan rasanya yang pahit, siapa sangka menyimpan berbagai manfaat yang dapat membantu Anda hidup sehat. Lantas, apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan? Berikut kami telah merangkumnya untuk Anda.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Anda tentu sudah mengetahui bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia. Dilansir dari Meetdoctor.com, menyatakan bahwa penyakit yang satu ini menjadi ancaman serius yang sangat menakutkan. Data dari WHO menyebutkan bahwa setidaknya setiap tahun penderita kanker bertambah sekitar 6,25 juta orang. Mengerikannya lagi diperkirakan dalam rentang waktu 10 tahun kedepan, 9 juta jiwa akan meninggal dunia akhibat penyakit ganas ini.

Mengingat bahaya mengerikan dari kanker ini, sudah saatnya kita sadar diri dan memulai hidup sehat untuk dapat mencegahnya. Salah satu caranya adalah dengan memulai pola makan sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur- sayuran, terutama daun pepaya.

Daun pepaya yang dibuat teh kemudian dimunum secara teratur sangat efektif menurunkan resiko penyakit kanker. Hal ini bukan tanpa dasar. Sebuah study yang dimuat dalam Jurnal of Ethnopharmacology pada Februari 2010 menyebutkan bahwa teh daun pepaya bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mengaktifkan sistem imun tubuh terhadap serangan sel kangker, menghambar pertumbuhan sel tumor, serta mampu memodulasi efek anti-kanker.

Baca Juga:

 

2. Menangkal Serangan Maag

Seiring dengan terus meningkatnya kesibukan harian seseorang, resiko terserang penyakit maag pun dapat meningkat. Bagaimana tidak, aktivitas yang padat sangat perpotensi mengacaukan pola makan. Selain itu banyaknya aktivitas yang memaksa otak untuk berpikir keras pun dapat semakin meningkatkan resiko penyakit maag.

Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas harian yang super padat, Anda harus memiliki trik khusus agar tetap dalam kondisi fit dan terhindar dari serangan maag. Memperbayak mengkonsumsi daun pepayapun bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menjauhkan diri Anda dari maag.

Siapa sangka rasa pahit pada daun pepaya justru dapat memiliki efek antioksidan yang baik serta bermanfaat untuk mengurangi keparahan ulkus atau tukak lambung. Hal ini sebagaimana hasil studi yang dimuat oleh West Indian Medical Journal Edisi September 2008. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga dipercaya mampu menurunkan lipid yang teroksidasi sekaligus dapat meningkatkan antioksidan dalam sel darah merah.

3. Melancarkan Pencernaan

Anda memiliki masalah dengan pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit? Daun pepaya bisa jadi menjadi salah satu makanan yang perlu Anda konsumsi untuk mengatasi masalah tersebut. Daun pepaya memiliki enzim papain yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sekaligus membantu mengobati berbagai masalah atau gangguan pencernaan.

Disamping itu, daun pepaya yang telah dibuat teh kemudian di minum secara rutin ternyata juga dapat meningkatkan nafsu makan.

4. Sebagai Antioksidan

Tidak dapat dipungkiri dalam menjalani aktivitas sehari – hari, Anda sangat dekat dengan berbagai radikal bebas yang sangat menggangu kesehatan tubuh. Seperti debu, asap kenalpot kendaraan bermotor, dan sebagainya. Dengan daun pepaya ternyata Anda dapat mengurangi dampak negatifnya sehingga tubuh akan tetap sehat.

Hasil studi yang dimuat dalam Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine pada Juni 2012 menyebutkan bahwa teh daun pepaya memiliki kandungan asam askorbat yang dapat berperan sebagai antioksidan. Anti oksidan ini akan berperan dalam menghalau radikal bebas yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu, daun pepaya juga dapat mengurangi hydrogen peroksida yang merupakan salah satu tanda terjadinya kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Nah itu tadi beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Kesehatan adalah nikmat Tuhan yang sangat luar biasa yang tentunya harus dijaga dengan sebaik – baiknya. Untuk itu marilah memulai pola hidup sehat dengan membiasakan pola makan sehat, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup.

You must be logged in to post a comment Login