Mulai Mei 2016, SIM C Akan Diklasifikasikan Menjadi 3 Golongan

SIM C, klasifikasi SIM C, penggolongan SIM C, SIM C baru, peraturan SIM C, peraturan baru SIM C

Viaberita.com – Korlantas Polri akan segera memberlakukan peraturan baru terkait Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pengendara sepeda motor atau SIM C. Dengan peraturan baru yang akan diberlakukan ini, SIM-C yang dimiliki tidak dapat digunakan untuk semua jenis motor.

“Informasi dari Korlantas Polri, ada peraturan baru. Jadi untuk SIM-C tidak bisa digunakan untuk semua motor” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin sebagaimana dikutip dari detik.com, Minggu (9/1/2016).

Aturan baru terkait penggunaan SIM  untuk kendaraan sepeda motor ini tertuang dalam Surat Pembaruan bernomor ST/2653/XII/2015. Surat pembaharuan ini membahas mengenai dua hal penting yakni terkait pengklasifikasian SIM-C dan batas waktu perpanjangannya.

Sementara itu, untuk peraturan baru mengenai SIM ini baru akan diberlakukan per tanggal 1 Mei 2016 mendatang. “Aturan penggolongan SIM-C yang baru mulai berlaku 1 Mei 2016,” kata Risyapudin Nursin.

Berdasarkan peraturan baru ini kini SIM untuk kendaraan jenis sepeda motor akan diklasifikasikan menjadi 3 golongan yakni SIM-C, SIM-C1, dan SIM-C2. Pengklasifikasian SIM C ini didasarkan pada kapasitas mesin motor.

“Nantinya SIM  C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1, dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016. Paling telat April 2016,” terangnya.

Penggolongan SIM  C yang akan diberlakukan

  • SIM C: untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 250 CC
  • SIM C1: untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin antara 250-500 CC
  • SIM C2: untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 500 CC .

Terkait peraturan baru ini, Korlantas Polri juga menginformasikan bahwa penggantian SIM-C  lama dengan SIM-C golongan baru akan dilayani mulai bulan Februari 2016 mendatang.

“Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016,” imbuhnya.

Berikut isi Surat Pembaruan bernomor ST/2653/XII/2015 selengkapnya

  • Berlaku mulai 1 Januari 2016 – Perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.
  • SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak melebihi batas waktu 3 bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya. Lewat dari 3 bulan harus membuat seperti prosedur baru.
  • SIM C, C1 dan C2, Berlaku mulai 1 Mei 2016.
  • Korlantas Mabes Polri sudah mengklasifikasikan surat izin mengemudi (SIM) C berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor. Nantinya SIM-C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1, dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016. Paling telat April.
  • Tiga golongan SIM C tersebut adalah

  – SIM C, untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250cc

  – SIM C1, untuk sepeda motor berkapasitas 250-500cc

  – SIM C2, untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500cc keatas.

 

  • Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016

 

 

You must be logged in to post a comment Login