Bangga ! Mulai Juni 2016 RI Ekspor Kapal Perang Canggih Pertama ke Filipina

Jakarta, Viaberita.com – Kabar cukup membanggakan bagi warga Indonesia, bahwa PT PAL(Persero) akan mengekspor sebuah kapal perang perdana yang di buat oleh tangan asli Indonesia di Surabaya ini pada bulan Juni 2016 yang akan datang. Negara tujuannya yang sudah memesan 2 buah kapal dengan jenis Strategic Sealit Vessel (SSV) adalah Filipina.

Seperti yang di kutip dari detikCom, Eko Prasetyanto selaku Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT PAL mengatakan,”Ini Pertama dalam sejarah Indonesia ekspor kapal perang.Dari tender Internasional terbuka yang kita ikuti sebanyak 2 kapal SSV.”

Selama 24 bulan atau 2 tahun proses pembuatan 2 kapal ini berlangsung. Pada tanggal 18 Januari yang akan datang segera di luncurkan. Sedangkan untuk pengiriman kapal ke Filipina dilakukan pada Juni 2016, setelah proses penyelesaian akhir di galangan Surabaya selesai.

Eko menjelaskan, kapal multipurposed SSV hampir sama dengan jenis kapal perang lain produksi PT PAL yang saat ini dioperasikan oleh TNI-AL.

“Hampir sama bentuknya dengan KRI Banda Aceh dan KRI Banjarmasin, di mana SSV ini dapat mengangkut puluhan tank dan helikopter, saya lupa pastinya. Nilai masing-masing setiap kapal adalah US$ 45 juta,” ujarnya.

Dia menjelaskan, spesifikasi kapal perang ini sendiri memiliki panjang 123 meter, lebar 21,5 meter, dan bobot 10.300 ton dengan berat yang bisa diangkut atau Gross Register Tonnage (GRT) sebesar 7.400 ton.

Sedangkan untuk kecepatan yang dimiliki adalah 16 knot dengan endurance atau ketahanan berlayar tanpa mengisi BBM dapat berlangsung selama 3 hari. Untuk personil yang dapat di angkut sebanyak 621 dan kelengkapan senjata yang dimilikinya adalah meriam kaliber 76 seperti yang di pesan oleh Filipina.

You must be logged in to post a comment Login