Sophie Taeuber-Arp Hiasi Google Doodle di Ulang Tahunnya yang ke 127

Sophie Taeuber-Arp Hiasi Google Noodle

Viaberita.com – Nama Sophie Taeuber-Arp mungkin masih cukup asing bagi sebagian besar masyarakat dunia. Namun diulang tahunnya yang ke 127 atau bertepatan dengan hari Selasa (19/1/2016), Google memperkenalkan seniman legendaris asal Swiss ini melalui Google Doodle.

Sophie Taeuber-Arp lahir di kota Davos, Swiss pada tahun 1889. Ia mulai belajar seni menggambar sejak kecil dan mulai serius mempelajari bidang tersebut ketika ia mengeyam pendidikan di School of Applied and Free Art, kota Munich, Jerman.

Perempuan yang semula lebih dikenal dengan nama Sophie Henriette Gertrude Taeuber ini kemudian memutuskan untuk pindah ke Zurich, Swiss pada tahun 1915. Keputusannya untuk hijrah ke ibu kota Swiss ternyata berbuah manis. Di kota tersebut ia dipertemukan dengan pelukis sekaligus pemahat asal Perancis bernama Hans Arp. Keduanya kemudian menikah pada tahun 1922. Setelah pernikahan tersebut, keduanya mulai dikenal banyak orang dengan sederet karya seni bergaya abstraknya yang diproduksi dibawah naungan Duo Collages.

Sophie Taeuber-Arp

Sophie Taeuber-Arp banyak melakukan eksperimen terhadap karya seninya. Ia juga pernah mendalami ilmu menenun sebelum pindah ke Strasburg dan kemudian ke Paris. Di kota paris, Sophie Taeuber-Arp banyak membuat karya – karya berdesain modern, sayangnya karyanya ini kurang begitu populer di sana, hingga akhirnya keduanya kembali memutuskan untuk kembali ke Zurich, sekaligus untuk menghindari invasi Nazi di Prancis.

Sebelum tutup usia akhibat keracunan karbon monoksida, Sophie Taeuber-Arp terus memunculkan berbagai karya seni ternama. Bahkan karya – karyanya disebut – sebut sebagai salah satu karya yang paling penting pada masa pemberontakan Dada yang terjadi setelah Perang Dunia I.

You must be logged in to post a comment Login