Musim Hujan Telah Datang, Jangan Lupa Rawat Motor Anda Dengan Tips Berikut Ini :

tips merawat motor saat hujan

Viaberita.com – Setelah dilanda kemarau yang panjang, Kini Musim hujan mulai datang ke Indonesia. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa awal musim penghujan terjadi pada November. Sementara puncak musim hujan untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berkisar pada Desember 2015 hingga Februari 2016.

Bagi para pengendara motor, musim hujan biasanya menyulitkan mobilitas mereka dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Mulai dari hujan yang deras sampai adanya genangan air yang sering muncul di jalanan saat hujan tiba. Hal yang tak kalah pentingnya bagi para pengendara motor saat musim hujan adalah cara merawat motor agar tak rusak akibat hujan. Bagaimanakah tips merawat motor saat musim hujan tiba ? Simak penjelasannya berikut ini :

Ada 3 hal penting saat melakukan perawatan motor di musim hujan. Ketiga hal tersebut adalah:

1.Segera bilas sepeda motor dengan air sumur/tanah jika sudah terkena air hujan, karena air hujan mengandung asam yang akan menyebabkan karat atau cat sepeda motor menjadi rusak.

2.Beri pelumas pada rantai. Biasanya rantai akan cepat kering jika sudah digunakan pada kondisi hujan.

3.Hindari meletakkan jas hujan (biasanya jenis ponco) di depan lampu utama karena akan menyebabkan lensa lampu utama menjadi mengerut/berubah bentuk.

Baca Juga : 

5 Amalan Ketika Musim Hujan Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Sah Sholat dengan Pakaian yang Terkena Cipratan Air Hujan ?

Dari segi komponen sepeda motor, hal-hal yang harus diperhatikan di kala musim penghujan adalah :

  • Pastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik. Perhatikan ketebalan dan tekanan angin ban dalam kondisi yang standar untuk mencegah slip.
  • Periksa kondisi rem depan dan belakang, bersihkan rem dari debu, dan lakukan penggantian jika sudah aus/masa pakai habis.
  • Pastikan pada bagian kelistrikan terlindungi dengan baik, untuk menghindari terjadinya short/konslet.

Demikian tips merawat motor saat musim hujan, dan yang tak kalah penting dari merawat motor adalah merawat tubuh anda sendiri saat musim penghujan tiba. [Baca : Makanan Pencegah Flu Untuk Hadapi Musim Penghujan] Karena percuma saja motor anda kondisinya bagus, namun justru tubuh anda sendiri malah sakit-sakitan. Nggak lucu kan? hehe. Semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login