Bacalah : Tips Merawat Helm Saat Musim Hujan !

merawat helm saat hujan

Viaberita.com – Musim hujan seringkali membuat susah para pengendara motor. Derasnya guyuran hujan membuat pengendara motor harus ekstra berhati-hati saat berkendara di tengah hujan. Hal lain yang sering membuat pengendara motor tak nyaman di kala musim hujan adalah dalaman helm yang basah akibat kehujanan.

Dalaman helm basah membuat pengendara menjadi tak nyaman karena menimbulkan bau yang tak sedap dan dapat menyebabkan kepala menjadi pusing saat memakainya. Agar dalaman helm tetap nyaman digunakan selama musim hujan, tentu hal yang harus diperhatikan yakni hindari dalaman helm yang terdiri dari busa dan kain pelapis terkena air hujan.

[Baca : Musim Hujan Telah Datang, Jangan Lupa Rawat Motor Anda Dengan Tips Berikut Ini]

Jika dalaman helm basah maka akan menyebabkan dalaman berjamur, kandungan zat asam pada air hujan akan membuat bau yang kurang sedap saat helm dalam kondisi tidak kering dipaksakan dipakai berkendara.

Artikel Terkait :

Apakah Sah Sholat dengan Pakaian yang Terkena Cipratan Air Hujan ?

5 Amalan Ketika Musim Hujan Yang Harus Anda Ketahui

Tips Merawat Helm Saat Musim Hujan :

  1. Untuk menghilangkan bau helm yang basah adalah dengan mencuci busa dalam helm dengan cara mencopot dari kancing penguncinya, saat ini busa daleman helm sudah banyak yang knock down atau bisa dibongkar pasang.
  2. Cuci seluruh busa helm menggunakan deterjen, setelah itu rendam dengan cairan pewangi, peras perlahan busa dalaman helm untuk meniriskan serapan air pada busa. Jangan peras busa helm secara keras karena akan merusak busa.
  3. Keringkan seluruh busa daleman helm hingga benar-benar kering, pastikan tidak ada serapan air pada busa, untuk memastikan busa daleman kering gunakan hair dryer untuk memaksimalkan pengeringan pada busa dalaman helm.
  4. Pasang seluruh bagian helm seperti semula, rasakan kenyamanan saat berkendara ketika helm dalam keadaan bersih dan wangi.

Demikian Tips Merawat Helm Saat Musim Hujan. Jangan sampai musim hujan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Jangan lupa juga untuk menjaga kebugaran tubuh anda agar tak mudah terserang penyakit saat hujan. [Baca Selengkapnya : 7 Makanan Pencegah Flu Untuk Hadapi Musim Penghujan] .

Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login