Kualifikasi F1 GP Bahrain Tetap Gunakan Format Baru

Hasil Kualifikasi F1 Hungaria 2016

Viaberita.com – Format baru yang diterapkan pada sesi kualifikasi F1 terus menjadi perbincangan panas pada seri pembuka di GP Australia. Pro kontra terus mewarnai regulasi baru yang dikeluarkan oleh otoritas F1 ini.

Aturan baru ini, mengharuskan pembalap dengan catatan waktu paling buruk akan tereliminasi. Hal ini berlaku pada setiap 90 detik fase kedua pada setiap babaknya.

[Baca Juga: Jadwal F1 2016 Lengkap dan Jam Tayang Siaran Langsung]

Para pembalap mengaku sedikit bingung dan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan format baru kualifikasi F1 ini. Bahkan format baru yang telah digunakan pada GP Australia minggu lalu ini menyebabkan sedikit kekacauan, termasuk kosongnya sirkuit Albert Park, empat menit jelang berakhirnya kualifikasi babak ketiga.

Pro kontra mengenai format baru kualifikasi F1 ini akhirnya memicu diadakannya pemungutan suara yang melibatkan komisi F1 yang meliputi FIA, semua tim, promotor balap, serta para sponsor.

Namun demikian, ketika pemungutan suara belum juga mencapai kesepakatan final, Bernie Ecclestone selaku CEO F1 telah mengumumkan untuk tetap menggunakan format baru pada seri GP Bahrain yang akan digelar 3 April mendatang.

“Hasil yang saya pikir adalah bahwa kami akan tetap seperti kami. Setelah Bahrain, kami akan melihat itu,” tegas Bernie.

You must be logged in to post a comment Login