[PR] Mobil Bekas vs Mobil Over Kredit, Untung Mana ya?

Kredit mobil bekas

Viaberita.com – Hampir setiap orang, khususnya mereka yang telah berkeluarga mengidamkan untuk memiliki mobil agar bisa membawa keluarga tercinta berlibur bersama. Selain itu, banyak orang yang memang membutuhkannya untuk menunjang mobilitasnya sehari-hari.

Meski telah menjadi kebutuhan banyak orang, harga mobil yang dipatok sangat tinggi terkadang menjadi sebuah kendala bagi orang yang memiliki anggaran seadanya untuk memiliki mobil pribadi. Tapi belakangan ini pasar kredit mobil bekas yang meningkat telah cukup menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat yang ingin memiliki mobil.

Meski demikian, resiko yang muncul ketika kita memutuskan untuk membeli mobil bekas tidaklah serta merta hilang. Jika tidak teliti, bisa saja kita tertipu membeli mobil bekas yang pernah alami kecelakaan atau pernah terendam banjir sehingga kondisinya kurang optimal dan memaksa kita untuk mengeluarkan bujet lebih besar lagi pada biaya perawatannya. Atas persoalan tersebut, Anda dapat menjajal membeli mobil secara over kredit yang belakangan juga menjadi salah satu alternatif pembelian mobil agar menekan biaya yang sangat tinggi dalam pembelian mobil pribadi. Berikut ulasan untung-rugi pembelian mobil secara over kredit, disimak ya!

Kelebihan Pembelian Mobil Over Kredit:

  1. Bekas tapi Baru

Tenor kredit mobil umumnya paling cepat yaitu 1 tahun dan paling lama umumnya 5 tahun. Jika ada seseorang yang menjual mobil dengan sistem over kredit, artinya usia mobil tersebut belum lama. Mungkin mobil tersebut pernah dipakai, namun pemakaiannya tidak terlalu lama sehingga kalian bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi performa mesin dan kondisi lain yang masih layaknya mobil baru.

  1. Lebih Hemat

Jika Anda beruntung bisa melakukan negosiasi dengan penjual, maka Anda juga berkesempatan untuk membeli mobil dengan harga yang lebih murah sehingga kalian bisa lebih hemat dalam pembelian mobil idaman Anda. (Baca juga artikel tentang Mobil Mewah Termahal di Dunia)

  1. Jaminan & Garansi

Karena usia mobil yang belum lama, maka Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan mobil dengan jaminan garansi yang masih berlaku. Sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk mengkhawatirkan soal suku cadang dan layanan perbaikan rutin.

  1. Asuransi Murah

Bicara soal asuransi, umumnya mobil dengan usia di atas 5 tahun premi asuransinya akan jauh lebih mahal ketimbang mobil over kredit yang berusia di bawah 5 tahun.

  1. Tenor Singkat

Dengan membeli mobil secara over kredit artinya Anda hanya akan meneruskan kredit mobil dengan sisa tenor yang ada. Semisal penjual telah mencicil tenor kredit selama 12 bulan dan total tenor kredit mobil tersebut adalah 36 bulan, artinya Anda hanya perlu membayar kredit selama 24 bulan saja.

Kekurangan Pembelian Mobil Over Kredit:

  1. Pemeriksaan Penuh

Meski memiliki usia yang cenderung muda, Anda tak pernah tau bagaimana mobil tersebut digunakan oleh pemilik sebelumnya maka Anda harus melakukan pemeriksaan secara penuh termasuk juga lakukan test drive untuk mengetahui performa mesin mobil tersebut. Selain itu jangan lupa untuk mengecek segala kelengkapan surat-surat yang dimiliki mobil tersebut.

  1. Ikuti Prosedur

Pembelian mobil secara over kredit tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa diketahui oleh pihak leasing. Pastikan Anda dan penjual memberikan informasi yang jelas terhadap pihak leasing untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

  1. Biaya Lain-lain

Yang paling merepotkan dari pembelian mobil secara over kredit yaitu adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk balik nama atau mutasi (hanya jika mobil berasal dari luar daerah). Selain itu ada juga biaya administrasi yang dibebankan oleh pihak leasing kepada nasabah barunya.

Nah, sudah siap mencari mobil murah 2016 pilihanmu? Kira-kira lebih menguntungkan mana kredit mobil bekas atau beli mobil over kredit?

You must be logged in to post a comment Login