Lafadz Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan dan Artinya

lafadz niat puasa ramadhan

Viaberita.com – Niat puasa ramadhan || Bulan ramadhan tahun 1438 H akan segera datang. Bulan yang sangat diidam-idamkan oleh umat islam ini mempunyai beberapa keutamaan antara lain adalah besarnya pahala yang didapat ketika kita melakukan suatu amal kebaikan karena setiap amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya di bulan ramadhan. Di bulan ramadhan, umat muslim juga diwajibkan untuk melaksakan ibadah puasa ramadhan selama 1 bulan. Puasa ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat islam.

Puasa ramadhan adalah puasa wajib bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh dan berakal. Kewajiban perintah puasa ramadhan telah diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa”.

Artikel Ramadhan :

Kumpulan Gambar dan DP BBM Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1437 H

Kumpulan Kata Mutiara dan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu rukun puasa ramadhan adalah niat. Adapun untuk niat puasa ramadhan dilakukan pada malam hari, biasanya setelah selesai shalat tarawih, namun yang pasti puasa di bulan ramadhan niatnya harus sebelum subuh atau sebelum masuk waktu fajar dan/atau sebelum imsak. [Baca Penting : Lafadz Niat Shalat Tarawih dan Shalat Witir Lengkap Artinya]

Adapun bacaan atau lafadz niat puasa ramadhan pasti banyak yang sudah mengetahuinya. Namun, jangan khawatir. Bagi kalian yang belum mengetahui bacaan lafadz niat puasa ramadhan akan kami sampaikan di bawah ini.

Bacaan Lafadz Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan dan Artinya :


نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa
Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”

Sedangkan bacaan lafadz niat puasa ramadhan harian adalah seperti berikut :

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ
Nawaitu saumagadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita’ala
Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”.

You must be logged in to post a comment Login