Artikel Ramadhan : Lafadz Niat Shalat Tarawih dan Shalat Witir Lengkap Artinya

niat shalat tarawih

Viaberita.com – Niat shalat tarawih || Bulan ramadhan semakin dekat. Alangkah baiknya kita mempersiapkannya dengan baik dan penuh kesungguhan, termasuk dalam hal mempersiapkan ilmu agama agar ibadah di bulan ramadhan ini dapat kita maksimalkan dengan baik. Selain identik dengan puasa 1 bulan penuh, bulan ramadhan juga identik dengan shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan selama satu bulan penuh yang hanya ada pada bulan ramadhan. Secara umum shalat tarawih dilaksanakan secara berjama’ah setelah shalat isya, adapun untuk jumlah raka’at shalat tarawih ada yang 23 rakaat dan ada juga yang 11 rakaat termasuk shalat witir. Baca Juga : Lafadz Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan dan Artinya Lafadz Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Memang terdapat perbedaan jumlah raka’at dan jumlah salam pada shalat Tarawih. Pada masa Nabi Muhammad shalat Tarawih hanya dilakukan tiga atau empat kali saja, tanpa ada satu pun keterangan yang menyebutkan jumlah raka’atnya. Kemudian shalat Tarawih berjamaah dihentikan, karena ada kekhawatiran akan diwajibkan. Barulah pada zaman khalifah Umar salat Tarawih dihidupkan kembali dengan berjamaah, dengan jumlah 20 raka’at dilanjutkan dengan 3 raka’at witir. Kumpulan Gambar dan DP BBM Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1437 H Sejak saat itu umat Islam di seluruh dunia menjalankan shalat Tarawih tiap malam-malam bulan Ramadhan dengan 20 raka’at. Empat mazhab yang berbeda, yaitu mazhab Al-Hanafiyah, Al-Malikiyah, Asy-Syafi’iyah serta Al-Hanabilah, semua sepakat menetapkan jumlah 20 raka’at sebagai bilangan shalat Tarawih. Sedangkan Umar bin Abdul Aziz sebagai khalifah dari Bani Umayyah di Damaskus menjalankan salat Tarawih dengan 36 raka’at. Dan Ibnu Taimiyah menjalankan 40 raka’at. Kumpulan Kata Mutiara dan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1437 H Perbedaan pendapat menyikapi boleh tidaknya jumlah raka’at yang mencapai bilangan 20 itu adalah tema klasik yang bahkan bertahan hingga saat ini, seperti yang dilakukan sebagian besar pengikut Nahdlatul Ulama. Sedangkan mengenai jumlah salam praktik umum adalah salam tiap dua raka’at namun ada juga yang salam tiap empat raka’at. Sehingga bila akan menunaikan shalat Tarawih dalam 8 raka’at maka formasinya adalah salam tiap dua raka’at dikerjakan empat kali, atau salam tiap empat raka’at dikerjakan dua kali dan ditutup dengan witir tiga raka’at sebagaimana yang dilakukan sebagian besar pengikut Muhammadiyah

Berikut Lafadz Niat Shalat Tarawih dan Shalat Witir Lengkap Artinya :

  1. Bacaan Niat Shalat Tarawih

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

usholli sunnatattarawihi rak’ataini mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala
Artinya: Saya niat sholat tarawih dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

2. Bacaan niat shalat Witir dua rakaat :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى usholli sunnatal witri rak’ataini mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala Artinya: Saya niat sholat witir dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

3. Bacaan niat shalat Witir satu rakaat :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى usholli sunnatal witri rak’atan mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala Artinya: Saya niat sholat witir satu rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.

4. Bacaan niat shalat Witir tiga rakaat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى usholli sunnatal witri tsalatsa raka’atin mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala Artinya: Saya niat sholat witir satu rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta’ala.
 
Nb : kata مَأْمُوْمًا ma-muman digunakan jika kita menjadi ma’mum ganti kata مَأْمُوْمًا ma-muman dengan إِمَامًا imaman jika kita menjadi imam

You must be logged in to post a comment Login