Tips Otomotif: Cara Membersihkan Rantai Motor yang Benar Agar Awet

Cara Membersihkan Rantai Motor Tips Otomotif

Viaberita.com – Tips Otomotif: Cara Membersihkan Rantai Motor. Rantai menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor. Fungsinya yang cukup vital sebagai penyalur gerak ke roda belakang, membuatnya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan motor saat digunakan. Untuk itu, rantai motor harus dirawat dengan baik.

Salah satu masalah pada rantai motor yang sering terjadi adalah adanya kotoran yang menempel. Meskipun terkesan sepele, namun hal ini tentu tak boleh dianggap remeh. Akumulasi kotoran yang terus menerus menempel lama kelamaan dapat menyebabkan karat dan merusak rantai. Akibatnya, kinerja rantai menjadi kurang maksimal yang kemudian berpengaruh pada peforma motor secara keseluruhan.

Untuk itu, rantai motor hendaknya selalu dibersihkan secara rutin dan diberi pelumas. Cara merawat atau membersihkan rantai motor sangat mudah dan tentunya bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagaimana dilansir Motorcycle, berikut tips otomotif mengenai cara bersihkan rantai Motor dengan benar supaya awet.

Cara Membersihkan Rantai Motor

Langkah pertama dalam membersihkan rantai motor adalah dengan menyemprotkan penetran ke seluruh bagian rantai. Penetran merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk melunturkan kotoran dan sisa pelumas yang menempel. Cairan ini umumnya banyak dijual di bengkel-bengkel motor. Namun jika tidak mendapatkannya, Anda bisa menggunakan minyak tanan atau solar sebagai penggantinya.

Baca Juga:

Setelah menyemprotkan penetran ke rantai, langkah selanjutnya adalah bersihkan rantai dengan cara disikat. Lakukan secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas. Tujuannya adalah untuk merontokkan kotoran atau karat yang menempel.

Langkah selanjutnya setelah rantai bersih dari kotoran, lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Namun sebelum dilumasi, keringkan terlebih dulu rantai motor dengan cara dikendarai dalam jarak dekat. Setelah kering, lumasi rantai secara merata.

Demikian cara merawat rantai motor dengan benar agar awet dan tahan lama. Sangat mudah bukan? Lakukan perawatan rantai motor secara rutin agar peforma sepeda motor Anda tetap maksimal.

You must be logged in to post a comment Login