Cara Merawat Knalpot Motor Agar Awet dan Bebas Masalah

Cara Merawat Knalpot Motor Agar Awet

Viaberita.com –  Cara Merawat Knalpot Motor. Setiap komponen yang terdapat pada sepeda motor merupakan satu kesatuan. Kesemuanya saling berhubungan guna menghasilkan peforma yang aman, nyaman, dan bertenaga. Untuk itu, agar peforma motor selalu prima, maka dibutuhkan perawatan berkala untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Berbicara mengenai perawatan sepeda motor, salah satu bagian yang harus diperhatikan kondisinya adalah knalpot atau lubang buang. Knalpot merupakan salah satu komponen yang cukup vital bagi kendaraan bermotor. Bagian ini berfungsi untuk memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen di ruang pembakaran. Hasil pemprosesan ini kemudian akan dijadikan sebagai tenaga tambahan.

Ketika knalpot mengalami masalah atau tidak berfungsi secara optimal maka akan menyebabkan proses pemanfaatan hasil pembakaran yang kurang optimal pula. Hal ini dapat memicu permasalahan lain, seperti boros bahan bakar dan tenaga yang dihasilkan kurang maksimal. Maka dari itu, knalpot pada sepeda motor harus selalu dirawat dan dijaga kondisinya agar tetap prima sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Lantas bagaimana cara merawat knalpot motor yang benar agar selalu dalam kondisi prima? Tentunya brader sekalian tak perlu bingung. Pasalnya, merawat knalpot sepeda motor sebenarnya sangat mudah dan pastinya bisa Anda bisa melakukannya. Nah untuk melakukan perawatan pada knalpot motor Anda, mari kita simak tips dan trik mengenai cara merawat knalpot motor agar awet dan bebar masalah yang telah kami rangkum berikut ini.

Cara Merawat Knalpot Motor

Sebelum masuk pada bagaimana cara merawat knalpot motor, ada beberapa hal yang sebaiknya brader sekalian ketahui. Knalpot sepeda motor umumnya memiliki masa guna yang cukup lama. Namun dalam penggunaannya seringkali mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah terjadinya korosi atau karat pada bagian knalpot. Korosi ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu di bagian dalam dan luar knalpot. Selain itu dapat pula disebabkan karena adanya kotoran yang menempel serta terpaan air hujan.

Bagi yang memiliki tempat tinggal dikawasan pantai, resiko korosi atau karatan pada bagian knalpot atau bahkan bagian lainnya dapat semakin tinggi. Hal ini disebabkan kandungan garam yang cukup tinggi pada udara disekitarnya. Maka dari itu, untuk mencegah atau menanggulangi masalah seperti ini perawatan berkala pada knalpot harus dilakukan. Cara merawat knalpot motor dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Langsung saja untuk tips merawat knalpot motor yang pertama, brader dapat memberikan oli secukupnya kedalam lubang sillencer knalpot. Lakukan secara berkala, minimal setiap 2 bulan sekali. Hal ini cukup membantu untuk mencegah terjadinya korosi yang dapat berujung pada kebocoran pada knalpot.
  2. Jika knalpot sudah terlanjur berkarat, segera bersihkan karat dan kotoran yang menempel. Untuk cara membersihkan karat pada knalpot, gunakan sikat dan kain bekas. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan oli. Caranya oleskan oli bersih pada bagian leher knalpot secara merata. Kemudian hidupkan mesin motor Anda, lama kelamaan leher knalpot akan menjadi lebih bersih seiring mengelupasnya oli yang kepanasan tersebut.
  3. Perawatan knalpot motor yang selanjutnya adalah pastikan lubang pembuangan air pada bagian bawah silencer tidak tersumbat. Bagian ini berfungsi sebagai lubang pembuangan ketika knalpot kemasukan air saat hujan maupun saat dicuci. Caranya cukup gunakan lidi atau paku kecil untuk memastikan lubang ini tidak tersumbat dengan cara menusuknya.
  4. Selanjutnya, usahakan untuk segera mencuci bersih bagian kenalpot maupun bagian motor secara keseluruhan setelah kehujanan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa air hujan yang mengandung garam yang dapat menjadi salah satu penyebab karat pada knalpot dan bagian motor lainnya.
  5. Cara merawat knalpot motor yang terakhir adalah selalu periksa kekencangan baut penyangga pada knalpot dan pastikan knalpot terpasan secara tepat dan pas sebagaimana mestinya.

Nah demikian tadi tips dan trik cara merawat knalpot motor yang tentunya sangat mudah dan praktis untuk dilakukan sendiri dirumah. Mudah bukan? Lakukan perawatan knalpot motor sebagaimana disampaikan di atas secara rutin agar knalpot sepeda motor selalu dalam kondisi baik dan dapat berfungsi secara optimal.

You must be logged in to post a comment Login