Masalah Kopling Mobil Yang Sering Muncul

Viaberita.com, – Masalah Kopling Mobil sering banget jadi problem besar bagi para rider mobil. apalagi kopling berperan penting sebagai penghubungan putaran mesin ke transmisi. Dan selain itu komponen ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi putaran mesin. ketika akan memindahkan gigi transmisi agar bisa masuk dengan mudah.

Bukan cuma pada transmisi mobil manual saja kopling juga ada di kendaraan bertransmisi matic. Meskipun ada perbedaannya, yang satu diatur manual diaktifkan dan di nonaktifkan oleh pengemudi melalui pedal khusus, dan untuk matic diatur secara otomatis.

Hal yang sering terjadi gangguan ada pada transmisi manual, karena kopling kerap bermasalah dan membuat berkendara jadi tidak nyaman. Dalam artikel ini akan kami bahas Masalah Kopling Mobil yang bisa jadi sinyal kepada pengemudi supaya segera melakukan perbaikan atau servis.

Penyebab Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Jadwal Siaran Langsung MotoGP Jerman 2016 LIVE Trans7

Masalah Kopling Mobil

1. Suara Gemertak Saat gigi transmisi dipindahkan

Jika kamu sudah menemukan bunyi gemertak ketika gigi transmisi dipindahkan seperti ini, umumnya masalah terjadi pada Plat kopling aus atau plat yang tidak kembali sempurna. Pada saat pedal ditekan (tetap menempel dengan flywheel). Gigi transmisi akan sulit dipindahkan, jika bisa pasti akan muncul suara kasar gemertak.

2. Menggelincir (Slip Kopling)

Hal ini sering terjadi karena pelat kopling yang aus. Selain itu bisa juga karena permukaan pelat kopling terkena pelumas atau gemuk. Sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi seperti ini memungkinkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin. Jika hal ini terjadi maka membuat mobil tidak bisa melaju cepat (mobil hilang tenaga) dan akan boros bahan bakar.

3. Getaran dan Gesekan Kasar

Kondisi ini terjadi pada waktu komponen kopling tidak berhubungan secara halus dan mobil seolah bergetar. Penyebabnya bisa dari pelat kopling atau Flywheel yang tidak rata.

Diatas adalah Masalah Kopling Mobil yang sering terjadi. Semoga menjadikan kita lebih tau dan menjadikan kita lebih waspada ketika merasakan hal yang terjadi diatas. Dan segera membawa mobil kesayangan kita ke bengkel untuk diperbaiki dan mengganti komponen jika diperlukan.

You must be logged in to post a comment Login