Anas Mengaku Beberapa Kali Terima Uang dari SBY

Jakarta, Viaberita.com – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang saat ini menjadi tersangka kasus Hambalang, Anas Urbaningrum, mengaku pernah beberapa kali menerima sejumlah uang dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.  Diantaranya ia gunakan untuk uang muka pembelian Toyota Harrier.

“Rp 200 juta yang saya berikan kepada Nazaruddin untuk DP (down payment) itu adalah bagian dari Rp 250 juta yang diberikan dari SBY,” kata Anas. Hal ini ia sampaikan ketika menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa kasus Hambalang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Lebih lanjut Anas mengaku uang itu ia terima sebagai hadiah atas keberhasilannya menjadi juru bicara terbaik dalam Pilpres 2009. Ia juga menyebutkan SBY memberikan uanh tersebut secara tunai di kediamannya, di Cekeas, Bogor. Kala itu SBY didampingi oleh ibu negara, Ani Yudhoyono.

“Saya waktu itu dipanggil ke Cikeas. Di sana bertemu Pak SBY. Uangnya diberikan secara tunai,” kenang anas.

Selain uang Rp 250 juta yang disebut sebagai hadiah tersebut, Anas juga mengaku pernah menerima sejumlah uang dari SBY usai mendampingi SBY berkunjung ke Jawa Timur pada bulan Maret 2009. “(Saat itu) saya sampaikan saya mau berangkat ke dapil setelah ini. Beliau ngasih bekal saya untuk ke dapil,” terangnya.

Sementara itu, SBY melalui Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha membantah pernyataan anas terkait uang Rp 250 juta untuk DP Toyoto Harrier yang kini dipermasalahkan. Julian mengatakan presiden SBY sama sekali tidak pernah memberikan hadiah atau apresiasi berupa uang kepada seseorang.

You must be logged in to post a comment Login