Tips & Trik Cara Membersihkan Headlamp Mobil dengan Benar dan Mudah

Cara Membersihkan headlamp mobil yang kusam dengan benar dan mudah

Viaberita.com – Tips & Trik Cara Membersihkan Headlamp Mobil. Cara Mudah Membersihkan Headlamp Mobil. Tips Membersihkan Head lamp Mobil. Trik Membersihkan Lampu Depan Mobil. Cara Membersihkan Kotoran pada Headlamp Mobil dengan Benar. Cara Efektif Membersihkan Headlamp Mobil. Cara Merawat Headlamp Mobil yang Benar. Cara Merawat Lampu Mobil. Cara Mengatasi Headlamp atau Lampu Mobil yang Kusam. Penyebab Headlamp Mobil Menjadi Kusam.

Mobil yang anda miliki semakin lama akan semakin terlihat seperti kusam dan kehilangan kilaunya, hal ini tak lain karena faktor usia mobil tersebut. Permukaan cat body mobil dan permukaan lainnya yang berbahan dasar plastik biasanya sangat terlihat perubahannya. Hal ini tidak hanya terlihat dari warna body mobil saja, namun juga bisa dilihat dari lampu mobil yang sudah tidak sebening dahulu. Misalnya saja, lampu mobil sudah terlihat buram kekuning- kuningan, ada juga yang seperti berkabut. Banyak faktor yang menyebabkan lampu mobil menjadi kusam sehingga pencahayaan juga menjadi kurang bagus. Keadaan yang demikian bukan hanya karena faktor usia mobil saja, namun bisa juga karena lampu mobil tersebut jarang dibersihkan.

Terkait dengan masalah tersebut, dalam artikel ini akan diuraikan penjelasan mengenai cara membersihkan headlamp mobil. Tidak hanya itu, penyebab lampu mobil buram juga dijelaskan disini untuk menambah pengetahuan anda tentang cara merawat mobil yang baik, khususnya mengenai cara merawat lampu mobil agar tetap bening dan terang.

Penyebab Headlamp Mobil Menjadi Kusam

Lampu depan atau headlamp memang sangat penting bagi kendaraan karena hal itu sebagai salah satu perangkat penerangan, apalagi pada lampu utama mobil. Lampu mobil sangat berguna pada malam hari. Untuk itu anda harus memperhatikan kebersihannya juga. Bukan hanya bodi mobil saja yang menjadi perhatian namun lampu juga tak kalah pentingnya karena hal ini berdampak pada keselamatan. Kualitas sinar pada lampu harus dijaga sehingga jika buram maka anda harus mengetahui cara membersihkan headlamp mobil tersebut. Tentunya banyak penyebab yang menjadikan lampu utama mobil atau headlamp menjadi buram atau terlihat kotor sehingga kualitas pencahayaan berkurang. Berikut beberapa penyebab headlamp mobil menjadi kusam atau buram.

Penyebab pertama yaitu suhu yang terlalu panas. Penggunaan voltase yang terlalu tinggi menyebabkan suhu headlamp juga menjadi panas. Bila hal seperti ini terlalu sering terjadi, secara otomatis kualitas pencahayaan berkurang karena cover headlamp tidak bening lagi. Dengan demikian, anda harus bisa mengatur voltase lampu dan mengerti cara membersihkan kotoran headlamp mobil. Penyebab headlamp mobil menjadi kusam yang lain juga bisa karena terkena matahari yang terlalu lama. Dengan demikian sangat dianjurkan bagi anda untuk memarkir mobil ditempat yang teduh agar pencahayaan pada lampu juga bagus. Dan penyebab pasti adalah faktor usia mobil. Sama halnya seperti manusia, semakin tua akan semakin menurun tingkat kebugarannya. Perbaharuilah headlamp mobil anda jika sudah lima tahun karena jika lebih dari lima tahun biasanya akan lebih buram lampunya.

Selain itu, penyebab headlamp mobil menjadi kusam lainnya adalah sering membiarkan debu halus menempel terlalu lama. Debu- debu halus sehabis dari perjalanan sudah pasti akan menempel pada mobil anda, termasuk pada bagian headlamp. Dengan demikian, anda harus mengetahui cara membersihkan kotoran headlamp mobil dengan baik. Sebaiknya anda harus sering mengelap agar debu- debu tersebut tidak terlalu lama menempel pada lampu mobil anda. Semakin lama debu tersebut menempel, maka akan menyebabkan headlamp mobil buram dan kualitas cahaya juga akan berkurang. Debu memang benda kecil dan sangat tidak terlihat, namun jika sudah banyak tentu akan terlihat dan mempengaruhi keindahan mobil anda. Untuk itu, biasakan membersihkan mobil anda, termasuk pada bagian headlamp sehabis dari perjalanan minimal dengan mengelapnya saja.

Nah untuk mengatasi masalah sebagaimana disebutkan di atas, berikut kami telah menyiapkan tips dan trik mengenai bagaimana cara merawat dan membersihkan headlamp mobil Anda secara benar dan mudah.

Baca Juga Tips Otomotif Lainnya:

Cara Membersihkan Headlamp Mobil secara Sederhana

  • Cara Membersihkan Headlamp Mobil Pertama

Sebelum anda membersihkan headlamp mobil anda, ada beberapa perlengkapan/ bahan- bahan harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bahan- bahan tersebut diantaranya baking soda, pasta gigi putih, deterjen cair yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, lap mobil tentunya dan handuk lembut yang kering serta kain pemoles. Persiapkan bahan dan alat tersebut sebelum mulai membersihkan headlamp mobil dari kotoran yang menyebabkannya kusam.

Setelah bahan disiapkan, pengerjaanya adalah anda harus mencampurkan seperempat cangkir deterjen ke dalam 1 ember air yang berukuran kecil. Gunakan campuran air dan deterjen ini untuk mencuci lampu depan yang mana fungsinya adalah untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada lampu. Setelah itu, lap kaca lampu tersebut dengan handuk kering yang lembut. Cara membersihkan headlamp mobil ini dilanjutkan dengan mencampurkan pasta gigi dengan baking soda, kemudian aduklah secara merata baking soda dan pasta gigi tersebut sehingga membentuk pasta.

Cara membersihkan headlamp mobil yang kusam selanjutnya yaitu dengan mengoleskan pasta yang sudah dibuat sebelumnya pada lampu menggunakan kain pemoles. Kemudian, gosoklah dengan lembut dan anda akan melihat perubahan warna yang terjadi pada kain pemoles yang anda gunakan. Gosoklah terus dengan cara memutar kain pemolesnya hingga lampu sudah terlihat bersih. Setelah dirasa bersih, cuci permukaan yang digosok tadi dengan sabun dan kemudian bilaslah dengan air hingga bersih. Permukaan yang sudah dipoles tadi di cuci kembali dengan campuran air bersih dan baking soda. Langkah terakhir, lap lampu tersebut dengan handuk kering yang kering bersih, maka anda akan melihat perubahannya.

[su_table]

Baca Juga Berita Otomotif Lainnya:

[/su_table]

  • Cara Membersihkan Headlamp Mobil Kedua

Sebelum mempelajari cara membersihkan headlamp mobil yang kusam akibat kotoran, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa penyebab headlamp tersebut terlihat seperti kotor sehingga cahaya lampu menjadi berkurang. Lampu yang berkurang cahayanya bisa disebabkan karena goresan dan juga jamur pada mika lampu. Dalam hal ini, mika lampu memang sangat berperan penting dalam pencahayaan. Oleh karena itu, jika mika lampu bermasalah maka cahaya lampu juga akan terganggu. Dengan demikian, cara lain membersihkan kotoran pada headlamp mobil yaitu dengan membersihkan mika lampu mobil.

Tidak jauh beda dengan cara pertama seperti yang sudah dijelaskan di atas, langkah pertama dalam tips dan trik bagaimana cara membersihkan headlamp mobil dari kotoran atau jamur yaitu dengan melepas mika lampu dari posisinya. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan bisa lebih mudah dan lebih detail pada bagian- bagian tertentu. Dalam proses membersihkan ini, gunakanlah deterjen pekat untuk mencuci mika yang biasanya terbuat dari plastik itu. Proses ini bertujuan untuk mempermudah melepaskan flek jamur yang melekat pada mika lampu. Jika dirasa belum bersih, ulangi proses ini hingga mika benar- benar bersih.

Langkah selanjutnya yaitu mengeringkan mika yang sudah diberi deterjen tadi dengan menggunakan kompon yang sudah anda sediakan. Selain itu, gunakan kain katun halus untuk menggosok mika dengan cara memutar dan ini dilakukan berulang kali. Jika cara ini masih menyisakan baret pada mika terlalu dalam, maka anda bisa menggunakan ampelas kertas yang dicampur dengan air untuk menggosok mika. Tahapan selanjutnya dalam tutorial mengenai cara membersihkan headlamp mobil ini adalah mencuci kembali mika lampu tersebut dengan deterjen dan bilas dengan air bersih, kemudian lap dengan lembut, kalau bisa gunakan lap chamois untuk proses ini.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari cara membersihkan headlamp mobil ini sebaiknya, Anda juga membersihkan bagian dalam mika. Lakukan dengan telaten dan perlahan. Setelah semuanya selesai, pasang kembali mika lampu tersebut dengan hati- hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Cara tersebut bisa dipraktekan sendiri dirumah karena cukup mudah dan sangat berguna untuk menjaga lampu agar tidak terlihat buram karena goresan atau jamur. Jika lampu mobil anda bersih, tentunya kualitas cahaya yang dihasilkan juga bagus dan nantinya akan sangat berguna untuk keselamatan anda.

Cara membersihkan headlamp mobil dari kotoran yang menyebabkannya kusam ini sebenarnya tidak sulit jika anda memulainya dari hal yang kecil. Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membersihkan headlamp dan juga penyebab headlamp terlihat buram. Semoga bisa anda praktekkan dengan baik agar mobil senantiasa bagus dan terlihat baru.

Sumber Gambar: Via nsbattery.com

You must be logged in to post a comment Login