Prosedur Atau Tata Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Diterima

prosedur dan tata cara klaim asuransi mobil yang benar agar diterima

Viaberita.com – Prosedur Klaim Asuransi Mobil yang Benar. Tata Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Diterima. Tips dan Trik Klaim Asuransi Mobil. Tata Cara Klaim Asuransi Mobil yang Tepat. Cara Cepat Klaim Asuransi Mobil. Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil. Klaim Asuransi Mobil Mudah. Cara Klaim Asuransi Mobil dengan Cepat. Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak. Manfaat Asuransi Mobil.

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui apa itu asuransi mobil. Namun bagaimana cara klaim asuransi mobil itu sendiri mungkin masih ada beberapa yang kebingungan. Di artikel ini akan dibahas secara rinci mengenai tips dan trik cara klaim asuransi mobil. Asuransi mobil adalah sebuah fasilitas yang mana fasilitas ini memiliki fungsi dapat mengurangi atau mencegah kerugian yang biasanya ditanggung oleh pemilik mobil saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan atau bahkan kehilangan.

Manfaat asuransi mobil memang banyak diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya itu, dengan memiliki fasilitas ini seorang pemilik akan merasa aman dan tentram atas kepemilikannya tersebut. Namun semua itu tidak cukup sampai disitu saja, masih terdapat banyak tantangan dan lika- liku dalam proses klaim. Hal ini dicontohkan seperti ganti rugi yang diberikan apakah sudah sesuai, atau pihak asuransi yang menolak klaim pada kondisi tertentu. Nah cara klaim asuransi mobil yang baik haruslah dipelajari agar hal negatif tidak terjadi. Berikut beberapa hal penting yang harus anda ketahui dalam prosedur klaim asuransi mobil anda.

Baca tips lainnya terkait dunia otomotif:

Prosedur atau Cara Klaim Asuransi Mobil yang Benar

Hal yang perlu dilakukan saat melakukan klaim

Langkah pertama dalam prosedur atau cara klaim asuransi mobil adalah menghubungi pihak/ perusahaan asuransi dengan segera. Hal ini anda lakukan jika terjadi musibah yang menimpa mobil anda, misalnya kecelakaan atau pencurian. Laporan harus cepat atau dengan waktu maksimum 3 x 24 jam setelah musibah itu terjadi. anda bisa menghubungi pihak perusahaan melalui via telepon, SMS, email atau bisa juga langsung datang ke perusahaan. Mengapa harus sesegera mungkin menghubungi pihak perusahaan? Hal ini dilakukan untuk menghindari penolakan klaim asuransi mobil anda tersebut karena jika melewati batas yang ditentukan, maka pihak perusahaan bisa menolaknya.

Bila musibah yang menimpa mobil anda tersebut terjadi diluar kota, maka anda bisa melapor ke kantor/ cabang perusahaan asuransi terdekat. Dan jika anda melakukan klaim di luar kota, maka anda harus mendokumentasikan nomor telepon penting, lokasi kantor perwakilan dan juga bengkelnya. Selain itu, pada cara klaim asuransi mobil ini terdapat hal yang tidak boleh anda abaikan yaitu saat mengalami musibah seperti kecelakaan misalnya, usahakan untuk mendokumentasikannya dengan mengambil foto mobil yang rusak tersebut. Foto ini menjadi bukti kepada pihak asuransi bahwa apa yang terjadi adalah benar sehingga tidak ada penolakan klaim.

Hal lain yang harus anda perhatikan dalam prosedur atau cara klaim asuransi mobil adalah pengisian formulir. Anda diharuskan mengisi formulir yang sudah di sediakan pihak perusahaan asuransi tersebut. Tujuan pengisian formulir ini tak lain adalah sebagai bukti kelengkapan dalam keberhasilan klaim nantinya. Selain pengisian formulir informasi yang anda berikan harus jelas karena ini juga menjadi pertimbangan pihak perusahaan. Informasi ini berkaitan dengan kronologi kejadian yang menimpa mobil anda. Jadi, Berikanlah informasi yang masuk akal, jelas dan merupakan informasi yang sebenar- benarnya agar klaim asuransi mobil anda bisa diterima.

Kelengkapan dokumen pemegang polis dalam melakukan klaim

Selain mengisi formulir yang sudah dijelaskan di atas, cara klaim asuransi mobil lainnya yaitu dengan melengkapi dokumen lain selain formulir. Dokumen- dokumen tersebut meliputi dokumen kecelakaan dan juga dokumen tanggung jawab pihak ketiga apabila ada pihak ketiga dalam kejadian tersebut. Untuk yang pertama dokumen kecelakaan, meliputi beberapa hal diantaranya formulir klaim yang sudah diisi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Klaim akan dilakukan setelah formulir ini di isi oleh pemegang polis. Cara klaim asuransi mobil pada kelengkapan dokumen kecelakaan ini masih disertai dengan dokumen lain.

Dokumen lain yang menyertainya adalah fotokopi polis asuransi mobil. Foto kopi ini bertujuan sebagai bukti bahwa pemegang polis benar- benar nasabahnya sekaligus mengetahui premi sudah dibayar apa belum. Dokumen selanjutnya adalah fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan surat keterangan dari kepolisian setempat. Surat keterangan ini menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam memberikan ganti rugi. Tips dan trik mengenai cara klaim asuransi mobil dalam hal kelengkapan dokumen ini juga harus anda perhatikan dan jangan sampai berkurang walau hanya satu poin saja.

Setelah dokumen kecelakaan lengkap, prosedur atau tata cara klaim asuransi mobil selanjutnya dilanjutkan dengan kelengkapan dokumen tanggung jawab pihak ketiga. Pertama adalah surat pernyataan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Tujuan dari adanya dokumen ini adalah sebagai jaminan bahwa pemegang polis telah mengakibatkan kerusakan pada mobil yang dimiliki oleh pihak ketiga tersebut. Selain itu, surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi. Mengapa harus demikian? Karena pada umumnya pihak perusahaan asuransi tidak mau mengganti rugi jika pihak ketiga memiliki asuransi mobil. Fotokopi SIM/ KTP dan STNK juga menjadi kelengkapannya. Terakhir surat keterangan dari kepolisian setempat sama seperti dokumen sebelumnya.

[su_table]

Baca Juga Berita Otomotif Lainnya:

[/su_table]

Beberapa hal yang menyebabkan penolakan klaim

Beberapa hal harus anda perhatikan agar klaim bisa diterima. Selain syarat- syarat yang sudah diuraikan pada cara kalim asuransi mobil di atas, ada lagi yang harus anda ketahui yakni mengenai penyebab klaim asuransi mobil anda bisa ditolak. Sekalipun mobil sudah dijamin asuransi, namun dalam kondisi tertentu pihak perusahaan bisa menolak pengajuan klaim anda. Maka dari itu beberapa hal ini harus dihindari. Pertama adalah terbukti adanya dibawah pengaruh minuman keras, narkoba dan apapun itu yang menyebabkan kesadaran anda terganggu saat mengendarai mobil. Jika hal ini terjadi, maka klaim yang anda ajukan akan ditolak karena kesalahan anda sendiri.

Kesalahan lainnya adalah melakukan pelanggaran lalu lintas seperti yang mungkin sering terlihat dijalanan. Misalnya anda menerobos lampu merah, melawan arah dan sebagainya saat insiden sedang berlangsung. Jika hal ini terjadi, maka tentu pengajuan klaim anda akan ditolak. Selain itu, SIM yang anda miliki sudah berakhir masa berlakunya. Untuk itu, anda harus memperhatikan masa berlaku SIM anda tersebut untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan terutama saat pengajuan klaim. Prosedur atau tata cara klaim asuransi mobil menjadi sangat mudah jika hal ini anda hindari saat pengajuan klaim. Selain masa berlaku SIM, hal yang menyebabkan penolakan terjadi adalah masa berlaku polis yang juga sudah melampaui tenggang waktu yang telah ditentukan, padahal perusahaan sudah memberi peringatan sebelumnya.

Tips mengenai cara klaim asuransi mobil lainnya agar tidak terjadi penolakan adalah jangan memodifikasi atau mengganti komponen teknis kendaraan secara berlebihan atau sebarangan. Hal ini sering terjadi di masyarakat. Terkadang agar mobil terlihat lebih keren, pemiliknya biasanya melakukan modifikasi secara berlebihan atau sebarangan tanpa persetujuan pihak perusahaan. Dengan demikian anda harus lebih perhatian dalam hal ini, jangan melakukan modifikasi sembarangan tanpa persetujuan. Hal yang menurut anda mungkin sepele namun bisa jadi menggagalkan pengajuan klaim anda.

Prosesdur dan tata cara klaim asuransi mobil sebenarnya cukup mudah jika semua persyaratan bisa terpenuhi dan tak ada yang dilanggar. Untuk itu cara klaim asuransi mobil harus benar- benar anda ketahui dengan baik agar penolakan tidak terjadi. Selain beberapa hal di atas, hal yang menyebabkan pengajuan klaim ditolak adalah jika anda kehilangan barang atau mobil yang mana ini merupakan akibat diserahkannya barang tersebut kepada valet parking. Jika hal ini terjadi, maka jika terjadi musibah pada mobil anda dan anda mengajukan klaim, bisa saja klaim yang anda ajukan ditolak karena faktor tersebut. Terakhir yaitu, anda memiliki dua polis asuransi pada satu kendaraan anda. dalam kasus ini, mungkin ada seseorang yang menganggap lebih mudah jika memiliki dua polis asuransi, namun kenyataannya hal ini malah mempersulit klaim dan bisa memicu adanya penolakan klaim. Jadi, satu objek sebaiknya memiliki satu asuransi saja.

Sumber Gambar : www.suzukipusatbandung. com

You must be logged in to post a comment Login