Inggris akan lakukan serangan militer terhadap ISIS

Viaberita.com – Misi inggris kini berubah, dari awal mulanya tujuan kedatangan inggris ke irak adaalah untuk misi kemanusiaan, kini berubah menjadi misi untuk melakukan serangan militer terhadap ISIS. Islamic State Iraq syiria yang kini menyebut diri mereka Daulah Islamiyah menyandera warga negara inggris, hal ini lah yang membuat inggris geram.

Pemerintah inggris menyatakan bahwa pihaknya akan menghibahkan senjata untuk pemerintah irak guna menumpas ISIS. Seperti yang dilansir oleh BBC, menteri pertahanan Michael Fallon mengatakan jika hibah yang diberikan atas permintaan pemerintah irak sendiri dan regional kurdi. Hal ini tentu disambut baik oleh pemerintah inggris lantaran mereka memang bertekad ingin membantu pemerintah irak dan tentara kurdi dalam membasmi ISIS.

Inggris mengirimkan senjata tersebut hari ini. Total keseluruhan senjata yang dihibahkan tersebut memiliki nilai sekitar 1,6 juta euro atau jika di rupiahkan sekitar 300 miliar. Memang jumlah yang fantastis karena inggris mengirimkan mesin berat dan amunisi ke irak. Ongkos pengiriman ditaksir mencapai 475ribu euro.

Hal ini dilakukan inggris lantaran terroris dianggap sudah mengancam negeri ratu elizabeth ini. Banyak warganya yang terbang ke irak dan suriah guna mendukung militan ISIS. Tak hanya itu, baru baru ini ISIS menyandera david haines yang mana adalah salah seorah warga negara inggris dan terancam akan bernasib sama seperti james foley yang dipenggal militan ISIS.

You must be logged in to post a comment Login