Kuota Haji Terbatas, Manko Kesra: Beri Kesempatan yang Lain

Jakarta, Viaberita.com – Terbatasnya kuota jamaah haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia menyebabkan antrian panjang daftar calon jamaah haji. Mengenai hal ini Menko Kesra Agung Laksono mengimbau kepada masyarakat yang sudah pernah haji untuk memberikan kesempatan kepada yang lainnya.

Imbauan ini diutarakan oleh Agung Laksono seusai memberikan pidato sambutan dalam acara Musyawarah Pimpinan Nasional I Kosgoro 1957 di Hotel Discovery Ancol, Sabtu (13/9/2014). “Ya bagus begitu lah, beri kesempatan yang lain. Karena kuotanya haji itu kan terbatas,” ucap Agung kepada wartawan.

“Sebaiknya kalau yang sudah naik haji tidak usah lagi, berikanlah kesempatan kepada yang lainnya. Jumlah kuotanya kan berkurang kemarin. Karena ketentuan agama kan satu kali,” lanjut Agung menegaskan imbauannya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan adanya imbauan untuk tidak berulang kali pergi haji merupakan langkah paling strategis. Pasalnya masalah ini sangat sensitif karena terkait agama, sehingga tidak mungkin dibuat peraturan khusus mengenai batas maksimal berangkat haji.

“Memang itu masalahnya sangat sensitif kalau diatur (pemerintah), tapi lebih kepada imbauan. Imbauan itu saya kira bisa diterima,” tegas Agung.

You must be logged in to post a comment Login