Soal Kenaikan Harga BBM Bersubsidi, BI: Semakin Cepat Semakin Baik

Jakarta, Viaberita.com – Polemik mengenai kapan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan dinaikkan mengundang banyak reaksi dari sejumlah kalangan. Termasuk dari Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara. Ia mengatakan semakin cepat harga BBM bersubsidi di naikkan akan semakin baik.

Mirza beranggapan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi sudah pasti akan menyebabkan inflasi. Dan dengan semakin cepat harga dinaikkan maka penurunan inflasi juga akan semakin cepat. Maka dari itu, Mirza menilai kebijakan untuk mengatasi masalah defisit anggaran Negara seperti maalah BBM ini sebaiknya segera tuntaskan.

“Misalnya kenaikan BBM sekarang, nanti kan penurunan inflasinya akan lebih cepat. Inflasi kan katakan turun beberapa bulan setelah kenaikan harga BBM. Tapi semakin tertunda harga BBM-nya, berarti kenaikan inflasinya tertunda. Economy moneter policy-nya akan masih terus menjaga terus kan?” ujar Mirza ketika ditemui media, Jumat (12/9/2014) di Jakarta.

Lebih lanjut, Mirza menambhakan kenaikan harga BBM bersubsidi hendaknya dilakukan segera atau paling lambat awal tahun 2015. “Jangan lewat dari Januari-Februari.” Tegasnya.

You must be logged in to post a comment Login