Lafadz Bacaan Niat Puasa Tasua dan Puasa Asyura yang Jatuh Tanggal 11-12 Oktober 2016

Viaberita.com – Lafadz Bacaan niat puasa tasua dan puasa asyura, bacaan niat puasa asyura, bacaan niat puasa tasua, lafadz niat puasa asyura, niat puasa asyura 2016, pahala puasa asyura, niat puasa muharram, bacaan niat puasa muharram 9 dan 10, niat puasa asura, niat puasa asyuro, niat puasa assyura, niat puasa muharom, niat puasa 10 muharom, niat puasa assyuro

Bulan Muharram merupakan bulan pertama pada kalender islam. Bulan Muharram juga merupakan salah satu bulan paling utama bagi umat islam di seluruh dunia karena merupakan salah satu dari 4 bulan haram yang sebenarnya telah Allah SWT muliakan dan pada bulan tersebut pula, secara khusus Allah SWT telah memberikan larangan bagi hambanya untuk berbuat maksiat (berbuat yang zalim). Di bulan Muharram ini, kita juga dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Sunah yaitu Puasa Tasua dan Puasa Asyura.

Puasa Tasua selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sedangkan Puasa Asyura dapat dijalankan pada tanggal 10 Muharram. Untuk tahun 2016 ini, tanggal 1 muharram bertepatan dengan 2 Oktober 2016 sehingga tanggal 9 Muharram/hari tasu’a jatuh pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2016, sedangkan 10 Muharram/hari asyura jatuh pada hari Selasa 12 Oktober 2016.

Baca Juga : 

Inilah 3 Amalan Hari Asyura Sesuai Dalil Hadist Rasulullah Saw

Bagaimana Hukumnya Puasa Asyura (10 Muharram) Tanpa Puasa Tasu’a ?

Untuk anda yang ber niat untuk melakukan Puasa Tasua dan Puasa Asyura di tahun 2016 ini sudah semestinya untuk mengetahui lafadz atau bacaan niatnya. Kita tahu, letak niat sesungguhnya adalah dalam hati.

Bagi umat islam Indonesia kebanyakan mengikuti madzhab Imam Syafii sehingga terdapat kesunnahan dalam hal mengucapkan lafadz niat puasa tasua dan puasa asyura. Maka dari itu. Tidak ada salahnya jika kita mengucapkan niat bagi siapa saja yang ingin ber puasa Tasua maupun puasa Asyura.

Bagi anda yang belum tahu doa/ niatnya, di bawah ini kami lampirkan doa/ niat puasa tasua dan puasa asyura dalam bahasa arab, latin dan beserta artinya :

LAFADZ NIAT PUASA TASUA:

نويت الصوم في يوم تاسوعاء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi Taasu’a Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasua, sunnah karena Allah ta’ala.”

LAFADZ NIAT PUASA ASYURA:

نويت الصوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi ‘Asyura Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Asyura, sunnah karena Allah ta’ala.”

HADIST SEPUTAR NIAT PUASA TASUA DAN PUASA ASYURA

Tanggal 10 Muharram termasuk hari paling bersejarah bagi penganut agama samawi, khususnya Islam. Pada hari itu, Nabi Adam diterima pertobatannya oleh Allah SWT; kapal Nabi Nuh terdampar di daratan; Nabi Yusuf dikeluarkan dari sumur; Nabi Yunus keluar dari perut ikan; Nabi ‘Isa lahir pada sepuluh Muharram; dan Nabi Musa diselamatkan dari kejaran pasukan Fir’aun juga pada tanggal sepuluh Muharram.

Maka dari itu, ketika Rasulullah SAW berada di Madinah, Beliau mendapati seorang Yahudi sedang berpuasa. Nabi bertanya, “Puasa apa yang kamu lakukan ini? Mereka menjawab, “Pada hari ini Allah SWT menyelamatkan Musa dan menenggelamkan Fir’aun. Akhirnya Nabi Musa puasa pada hari itu sebagai bentuk rasa syukur.” Mendengar jawaban ini, Nabi berkata:

نحن أحق بموسى منكم، فصامه وأمر بصيامه

Artinya, “Kami lebih berhak atas puasa Musa daripada kalian.” Nabi Muhammad SAW kemudian berpuasa dan memerintahkan umat Islam untuk puasa,” (HR Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda : “Jika tahun depan kita bertemu dengan bulan Muharram, kita akan berpuasa pada hari kesembilan (tanggal sembilan).“
(H.R. Bukhari dan Muslim)

ARTIKEL TERKAIT :

Keutamaan Bulan Muharram dan Hari Asyura

Ketahuilah 12 Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Hari Asyura

Dana Khoiril Huda

Seorang Pemuda 22 Tahun asal kota kretek. Kuliah jurusan Teknik Elektro. Suka traveling, gaming, blogging, hiking and playing football. Sedang berproses menjadi 3S = Sholeh, Sehat, Sugih (Aamiin)

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..