Tips Membersihkan Dan Membuat Dashboard Mobil Kinclong Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong

Viaberita.com – Dashboard mobil merupakan bagian yang terdepan dari interior mobil. Dashboard merupakan bagian yang paling rentan untuk terkena paparan sinar matahari, debu dan kotoran baik akibat aktivitas manusia ataupun karena suhu ruangan mobil. Nah tentunya anda tidak mau bukan jika dashboard yang berada di bagian paling depan ini justru paling tidak menarik ? Dashboard yang kotor, kusam dan tidak terawat tidak hanya membuat mobil menjadi tidak menarik, penumpang dan pengemudi di dalam mobil juga menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda perlu melaksanakan tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong berikut ini.

Cara tepat membersihkan dashboard kulit

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong dimuali dari bagaimana anda mampu membersihkan dashboard dengan benar. Membersihkan dashboard sebaiknya juga memperhatikan kondisi dan bahan dashboard itu sendiri. Apakah dashboard menggunakan bahan kulit asli atau menggunakan vinyl atau bahan kulit sintetis. Bahan kulit asli sangat rentan terhadap bahan bahan kimia, oleh karena itu jika dashboard mobil terbuat dari bahan kimia, jangan menggunakan semir atau pelembab dari bahan kimia. Namun gunakanlah pelembab atau semir dari bahan bahan alami, misalnya pelembab atau smear khusus bahan kulit yang berasal dari beeswax atau lilin lebah. Lalu bagaimana untuk jenis bahan dashboard lainnya ? Nah, berikut ini kami berikan panduan membersihkan dashboard mobil agar kinclong.

Pertama, dari tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong untuk membersihkan dashboard persiapkanlah kemoceng, serta kuas kecil. Bersihkan dashboard dari debu dengan kemoceng dan lap kering. Nah untuk menjangkau bagian bagian lekukan dashboard ataupun panel mobil yang sempit dan kecil gunakan kuas halus yang kecil untuk membersihkannya. Bersihkan hingga tidak ada debu yang nampak pada bagian tersebut. Anda juga bisa menggunakan vacum cleaner yang kecil belalainya untuk membersihkan bagian lekukan atau celah yang sangat sempit dimana kuas kecil yang anda persiapkan ternyata tidak mampu menjangkau sela sela tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan karena debu justru bersembunyi di bagian celah celah tersebut.

Selanjutnya, untuk tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong. Guna membersihkan noda yang menempel ataupun setelah debunya hilang, buatlah larutan pembersih. Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk interior mobil. Buatlah cairan dengan sabun pembersih mobil tersebut. Namun jika anda tidak mau menggunakan sabun khusus tersebut, anda bisa menggunakan air hangat saja. Caranya celupkan lap kering yang bersih kedalam larutan air hangat. Kemudian peras dan bersihkan dashboard dengan lap tersebut. Lakukan hingga dashboard bersih. Setelah itu segera lap dengan lap kering sehingga dashboard menjadi kering dan tidak lembab.

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong selain menggunakan larutan air hangat ataupun cairan pembersih mobil, anda bisa menggunakan kain lap microfiber. Dengan menggunakan lap microfiber ini debu atau kotoran yang tak tampak bisa terangkat dengan bersih. Gunakan kain lap microfiber yang seperti sarung tangan. Hal ini agar anda lebih mudah dalam membersihkan dashboard. Cara membersihkannya dengan memulai satu persatu bagian dari ujung ke ujung. Tips penting menggunakan microfiber adalah jangan rendam microfiber di dalam air. Cukup teteskan air ataupun semprotkan cairan pembersih atau air pada microfiber tersebut.

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan pelembab atau kondisioner khusus untuk dashboard. Sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung bahan alami. Pasalnya menggunakan bahan kimia pada bagian dashboard kulit justru akan mempercepat keretakan dan pengelupasan dashboard. Oleh karena itu pilih pelembab dashboard mobil bahan alami. Lakukan kondisioning pada dashboard secara rutin setiap kali membersihkan dashboard. Jadi setelah dashboard bersih kemudian diberikan pelembab atau kondisioner ataupun semir khusus.

[su_table]

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya:

[/su_table]

Cara merawat dashboard dengan baik

Setelah tahu bagaimana tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong, anda juga tidak boleh lupa bagaimana merawat dashboard yang benar. Nah bagaimana cara merawat dashboard agar kinclong dan terawat ? Jawabannya gampang. Bahkan anda tidak perlu sulit mencari berbagai pembersih mobil yang harganya mahal. Yuk, perhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama, jangan suka meletakkan makanan ataupun bahan bahan yang mengandung cairan pada dashboard. Hal ini karena akan membuat dashboard menjadi rawan kotor bekas makanan dan juga rentan terkena tumpahan cairan tersebut.

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong, yang kedua khusus untuk perawatannya, jangan lupa untuk parker mobil di tempat yang teduh jika anda akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama. Panas dan cahaya matahari akan memicu dashboard mudah kusam dan rusak. Oleh karena itu perhatikan betul hal ini untuk menjaga agar dashboard tetap kinclong dan juga terawat dan kondisinya tetap optimal. Selain itu perhatikan pula penggunaan produk untuk pelembab atau semir khusus untuk dashboard. Hati hati menggunakan produk pelembab atau semir khusus untuk dashboard yang menggunakan bahan kimia. Pasalnya bahan kimia justru bisa merusak struktur bahan dashboard baik vinyl ataupun kulit. Bahan kimia dari semir atau pelembab tersebut bisa menghilangkan minyak alami dan akhirnya membuat kering, kaku dan retak.

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong terutama dalam merawat memang paling penting dalam melakukan conditioning atau menggunakan pelembab untuk dashboard. Bagian yang rentan terkena cahaya matahari ini wajib diberikan perawatan menggunakan semir atau pelembab yang menggunakan vitamin e atau sun protection. Nah, untuk perawatan dashboard agar tidak mudah kusam, jangan lupa oleskan pelembab atau semir khusus untuk dashboard mobil secara rutin seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan. Setelah dashboard selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab pada bagian dashboard secara rutin.

Tips merawat agar dashboard tidak mudah kusam dengan bahan alami

Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong jangan sampai melewatkan factor perawatan. Pasalnya setelah selesai dibersihkan tentu, dashboard mobil butuh treatment lainnya. Jika tidak dilakukan treatment tentunya dashboard akan mudah terlihat kusam sehingga tidak menarik. Nah untuk perawatan dashboard mobil agar tidak kusam, anda bisa menggunakan bahan bahan alami yang tersedia di rumah. Jeruk nipis dan cuka menjadi salah satu alternative untuk membersihkan dashboard. Apalagi jika dashboard memiliki noda membandel yang sulit dihilangkan. Caranya dengan melarutkan sedikit cuka kemudian celupkan lap dan teteskan larutan tersebut pada bagian dashboard yang kotorannya cukup membandel. Lakukan hal ini hingga kotoran benar benar terangkat dan bersih.

Selain itu jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai alternative untuk membersihkan dashboard. Tips membersihkan dan membuat dashboard mobil kinclong salah satu rahasianya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Namun jika anda memang malas untuk melakukan hal ini semua anda bisa membeli bahan perawatan mobil yang mengandung bahan bahan alami tanpa bahan kimia. Setelah selesai membersihkan noda yang membandel, langkah selanjutnya dalam merawat dashboard adalah menggunakan semir ataupun pelembab. Hal ini sangat besar manfaatnya dalam menjaga dashboard agar nampak selalu bersih, kinclong dan permukaan dashboard tidak mudah retak sekaligus mengelupas. Namun, jangan lupa belilah pelembab dashboard yang mengandung bahan alami, mengandung vitamin e serta membuat lentur. Pasalnya jika tidak memiliki kandungan yang membuat lentur maka dashboard akan mudah retak akibat panas matahari. Selain itu vitamin e juga sangat baik bekerja sebagai uv protection yang menangkal sinar matahari. Nah bagaimana, mudah sekali bukan untuk merawat dashboard tetap kinclong dengan bahan alami?

You must be logged in to post a comment Login