11 Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaik yang Menarik untuk Dikunjungi

Viaberita.com – Tempat Wisata Gunung Kidul, Objek Wisata Gunung Kidul, Destinasi Wisata Di Gunung Kidul, Wisata Alam Gunung Kidul, Wisata Pantai Gunung Kidul, Rekomendasi Tempat Wisata Gunung Kidul, Daftar Wisata Gunung Kidul Terbaik, Spot Wisata Gunung Kidul.

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang letaknya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia atau oleh masyarakat setempat disebut dengan Laut Selatan. Daerah Kabupaten Gunung Kidul ini terbilang masih sangat asri dengan hamparan alamnya yang luas tanpa gedung-gedung tinggi menjulang, masyarakat desanya yang ramah, serta eksotisme budayanya yang masih cukup kental dan dilestarikan. Selain itu, kabupaten ini juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Memiliki letak geografis yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan menjadi keuntungan tersendiri bagi kabupaten yang sebagian wilayahnya berupa pegunungan dan perbukitan ini. Puluhan pantai berpasir putih berjajar disepanjang tepi Laut Selatan menawarkan pesona yang menggoda. Keelokan pantai berpasir putih inilah yang menjadi destinasi wisata favorit di Gunung Kidul.

Tak hanya pantai, Kabupaten Gunung Kidul pun menawarkan sejumlah wisata alam lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari goa, gunung api purba, hingga air terjun yang indah semua ada disini. Nah bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke Gunung Kidul, informasi mengenai daftar tempat wisata Gunung Kidul yang telah kami rangkum ini tentunya bisa menjadi referensi Anda.

Daftar Tempat Wisata Gunung Kidul

1. Pantai Indrayanti

Wisata Gunung Kidul - Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti via lookjogja.blogspot.co.id

Objek wisata Gunung Kidul yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pasalnya pantai Indrayanti ini sudah sangat terkenal dan bisa dibilang menjadi salah satu tempat wisata Gunung Kidul paling populer belakangan ini. Pantai Indrayanti menawarkan pesona menawan dari hamparan pasir putih yang lembut dengan air laut yang jernih yang akan membuat siapapun betah bermain disini. Apalagi pantai ini juga sangat nyaman untuk berenang.

Setelah lelah bermain air dan pasir, Anda pun bisa menikmati beragam kuliner lezat yang ditawarkan di sepanjang bibir pantai. Salah satu yang menjadi favorit pengujung tentu saja es kelapa mudanya yang benar-benar segar yang akan membuat badan kembali fresh. Dipantai ini juga disediakan beberapa cottage yang dapat Anda manfaatkan untuk menghabiskan malam dan menikmati keindahan pantai Indrayanti ini.

Untuk menikmati pesona wisata pantai Indrayanti ini Anda cukup membayar tiket masuk sekitar 5 ribu. Harga yang sangat murah tentunya jika dibandingkan dengan pesona keindahannya yang sangat luar biasa. Nah bagi Anda yang ingin berkunjung, alamat Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

Baca Juga: Ayo Wisata Ke Karimunjawa

2. Pantai Pok Tunggal

Wisata Gunung Kidul - Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal via utiket.com

Masih soal wisata pantai di Gunung Kidul, pantai Pok Tunggal mungkin bisa menjadi tujuan wisata Anda untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga maupun sahabat. Sama halnya dengan pantai Indrayanti, pantai Pok Tunggal ini juga sangat terkenal dengan keindhan alamnya yang sangat elok. Pasir putih terhampar luas di sepanjang bibir pantai dengan ombaknya juga indah.

Deru ombak dan hamparan air lautnya yang jernih akan langsung menyambut Anda seketika memasuki wilayah pantai ini. Tak hanya itu suguhan pemandangan pohon duras dan barisan tebing yang menjulang disekitar pantai menjadi panorama tersendiri yang membuatnya semakin terasa lengkap. Dengan keindahan yang ditawarkan, pantai Pok Tunggal ini menjadi salah satu lokasi camping favorit bagi sejumlah wisatawan. Menikmati sunset dengan hembusan angin dan deru ombak di pantai ini, sungguh suasana liburan yang tak akan terlupakan.

Akses untuk masuk ke wisata pantai Pok Tunggal ini pun cukup mudah. Pantai ini masih satu komplek dengan pantai Indrayanti yakni terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

3. Pantai Baron

Wisata Gunung Kidul - pantai baron

Pantai Baron via pantaibaron.com

Membahas destinasi wisata pantai di Gunung Kidul memang tidak ada habisnya. Pantai selanjutnya yang sangat recomended untuk dikunjungi adalah pantai Baron. Di pantai ini, Anda akan menemui aliran sungai air tawar yang bersandingan dengan air laut. Lokasi ini menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berenang dan merasakan segarnya aliran di sungai tersebut. Disini Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari tebing-tebing disekelilingnya nan hijau.

Di pantai ini, Anda juga akan dimanjakan dengan aneka jajanan seafood, mulai dari makanan berat hingga kudapan cemilan. Selain itu, di komplek pantai Baron ini Anda juga bisa sekalian berkunjung ke pantai Krakal dan Kukup. Nah Bagi Anda yang ingin berkunjung, Alamat Pantai Baron ini adalah di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca Juga: 6 Tempat Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Dieng

4. Pantai Jogan

Wisata Gunung Kidul - Pantai Jogan

Pantai Jogan via piknikasik.com

Tempat wisata Gunung Kidul selanjutnya yang juga tak kalah menarik untuk disambangi adalah pantai Jogan. Pantai ini mungkin masih terdengar cukup asing bagi Anda yang berdomisili di luar Yogyakarta. Namun pantai Jogan ini merupakan salah satu destinasi wisata alam Gunung Kidul dengan panorama yang sangat menakjubkan sekaligus unik.

Di pantai ini para wisatawan tidak hanya akan disuguhi dengan air yang jernih dengan ombaknya yang bagus, namun juga akan dimanjakan dengan adanya air terjun mini dari atas tebing di tepi laut. Air terjun setinggi sekitar 10 menter yang bersumber dari mata air diperbukitan karst ini menawarkan pemandangan yang jarang ditemukan dipantai-pantai lainnya. Andapun dapat merasakan segarnya guyuran air terjun ini, hanya saja akses menuju lokasi ini cukup sulit dengan harus menyusuri jalanan yang licin dan curam, sehingga membutuhkan kehati-hatian ekstra guna mencapainya.

Nah bagi Anda yang ingin menikmati keelokan wisata pantai Jogan Gunung Kidul, pantai ini beralamat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Pantai Nglambor

Wisata Gunung Kidul - Pantai Nglambor

Pantai Nglambor via i.g @kamaluddin_muhammad

Pantai Nglambor menjadi salah satu spot wisata Gunung Kidul yang sedang hits beberapa waktu belakangan ini. Tak hanya menawarkan pesona pantai dengan pasir putihnya, di pantai ini wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan dan keberagaman biota lautnya. Yaa pantai ini menawarkan paket snorkling yang bisa Anda coba. Cukup dengan membayar 35 ribu saja, Anda sudah akan mendapatkan satu set peralatan snorkling yang terdiri dari sepatu, pelampung, kacamata, lengkap dengan pemandunya serta 10 kali jepretan di bawah laut. Menarik bukan?

Di pantai ini pun telah disediakan berbagai penginapan yang memang khusus disediakan untuk para wisatawan yang ingin menikmati indahnya malam di pantai yang penuh pesona ini. Nah untuk aksesnya pantai Nglambor ini terletak di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Pantai Ngeden

Wisata Gunung Kidul - Pantai Ngeden

Pantai Ngeden via @ikkawhayy

Satu lagi wisata pantai Gunung Kidul yang sangat elok dan menarik untuk di kunjungi, yaa pantai Ngeden. Pantai ini mungkin belum setenar Indrayanti maupun Pok Tunggal. Namun soal pesona yang ditawarkan tentu tak kalah ciamik. Di pantai ini para wisatawan akan di manjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah dari hamparan laut yang nampak begitu biru ketika menuruni tangga saat menuju bibir pantai. Deru ombak yang menabrak karang pun seakan menambah pesona dari pantai Ngeden ini.

Saat ini pantai ini sudah mulai ramai pengunjung, terlebih di hari libur akhir pekan. Untuk menuju lokasi ini cukup mudah, alamat panjai Ngeden adalah di Krambil Sawit, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

7. Wisata Goa Pindul

Wisata Gunung Kidul - Goa pindul

Goa Pindul via goapindul.com

Setelah puas dengan wisata pantainya, Anda tentu perlu mencoba wisata alam Gunung Kidul lainnya yang tentu tak kalah bagus. Yaa Goa Pindul. Goa Pindul memang merupakan salah satu icon wisata Gunung Kidul. Di sini para wisatawan akan diajak untuk melakukan cave tubing atau kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Untuk dapat merasakan keseruan cave tubing Goa Pindul ini pengunjung cukup membayar 35 ribu (harga bisa naik setiap saat) saja untuk satu orang dengan fasilitas pemandu, perlengkapan, dan asuransi. Alamat Goa Pindul sendiri adalah di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

8. Goa Jomblang

Wisata Gunung Kidul - Goa Jomblang

Goa Jomblang via rentalmobilyogyamurah.com

Selain Goa Pindul, objek wisata alam goa di Gunung Kidul yang cukup terkenal lainnya adalah Goa Jomblang. Disini para wisatawan dapat menyaksikan pesona “cahaya surgawi’ yang merupakan daya tarik utamanya. Di dalam goa Jomblang ini Anda akan melihat stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan indah nan memukau. Pemandangan menawan inilah yang oleh masyarakat setempat disebut dengan “Cahaya Surgawi”. Lokasi Goa Jomblang sendiri terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

9. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Gunung Kidul - Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk via outingjogja.com

Berwisata ke Gunung Kidul, rasanya belum lengkap jika belum mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Air terjun Sri Gethuk ini memiliki bentuk yang sangat indah dengan ketinggian tebing mencapai 50 meter.

Hanya saja untuk dapat mencapai lokasi ini, perlu sedikit perjuangan karena Anda harus menyusuri jalan setapak dan menuruni hampir 100 anak tangga. Namun perjuangan Anda tentu akan langsung terbayar ketika sampai dilokasi dan menyaksikkan keindahan air terjun yang unik ini. Alamat Air Terjun Sri Gethuk: Bleberan, Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

10. Gunung Api Purba Nglanggeran

Wiasat Gunung Kidul- Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran paketwisatajogja.net

Bagi Anda yang hoby camping dan hunting pesona sunrise dan sunsite, tempat wisata Gunung Kidul yang satu ini tentunya manarik untuk Anda coba. Selain sunrise dan sunset yang mempesona, dari puncak gunung api Purba Nglanggeran ini Andapun bisa menikmati kerlap kerlip kota Jogja di malam hari.

Untuk mencapai puncak gunung api purba Nglanggeran ini, Anda cukup mendaki sekitar 1,5 jam saja. Alamat Gunung Nglanggeran: Desa Ngalanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

11. Bukit Bintang

Wisata Gunung Kidul - Bukit Bintang

Bukit Bintang via wisata-yogyakarta.com

Menikmati kerlap kerlip bintang di atas bukit adalah sesuatu yang sangat romantis tentunya, hal inilah yang bisa Anda dapatkan di Bukit Bintang Gunung Kidul. Namun bukan bintang dilangit yang dimaksud, melainkan kerlap kerlip lampu kota Jogja dan lampu kendaraan yang melintasinya di malam hari yang terlihat indah bak bintang. Rasa penat dan stress yang Anda alami seketika bisa hilang dengan pesona keindahan bukit bintang ini.

Selain itu, disini para wisatawan dapat menikmati jagung bakar aneka rasa yang banyak dijajakan di sekitarnya. Satu lagi untuk menekmatinya Anda cukup membayar parkir saja sekitar 3ribu rupiah untuk sepeda motor.

Nah itu dari daftar tempat wisata Gunung Kidul yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk menghabiskan liburan di sana. Tentunya selain 11 objek wisata Gunung Kidul ini, masih banyak lagi objek wisata lainnya yang tak kalah indah dan menarik untuk di kunjungi.

Muhammad Kamal

Menulis adalah cara terbaik untuk belajar

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..