sumatra sumbang polusi udara kepada singapura

Viaberita.com – Kebakaran hutan yang terjadi di pulau sumatra yakni tepatnya di sumatra selatan, mulai berdampak pada kondisi lingkungan di sekitarnya. Kondisi lingkungan dikawasan sumatra dan sekitarnya sudah dalam level berbahaya dan perlu penanganan lebih lanjut.

Kebakaran hutan di sumatra mengakibatkan polusi udara yang meluas hingga singapura dan malaysia. Pejabat malaysia dan singapura meminta pemerintah indonesia segera  menyelesaikan kebakaran hutan di riau yang mulai mengganggu wilayahnya. Akibat kebakaran hutan tersebut, kini tingkat polusi udara singapura naik menjadi “tidak sehat” .

Seperti yang disebutkan oleh badan lingkungan nasional singapura bahwa pencemaran udara di wilayah singapura sudah mencapai tingkat paling tinggi, yakni 111. Meskipun pernah menurun ke angka 80 dalam beberapa jam selanjutnya. Pencemaran udara ini disebabkan oleh terbakarnya hutan di bagian selatan dan timur sumatra.

Atas kejadian yang menimpa negara singapura ini, singapura membuat undang undang yang akan memberikan denda kepada setiap perusahaan yang menyumbang polusi ke negaranya dengan besar denda sebesar 19 miliar rupiah, undang undang ini sudah di sahkan bulan lalu dan akan berlaku untuk perusahaan di luar wilayah singapura, Namun pemerintah indonesia belum menyepakati perihal undang undang tersebut.

Malaysia dan singapura menjadi langganan polusi asap yang diakibatkan oleh  kebakaran hutan sumatra pada juli – september 2014. Sebelumnya, malaysia dan singapura juga pernah terkena dampak polusi yang sama pada tahun lalu, hingga presiden SBY meminta maaf  kepada dua negara tetangganya tersebut.

You must be logged in to post a comment Login