Nilai Tom & Jerry dan Little Krisna Berbahaya, KPI Apresiasi Laptop Si Unyil

KPI Pantau Siaran TV

Jakarta, Viaberita.com – Pertumbuhan industri pertelevisian di Indonesia yang terus meningkat membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) harus bekerja keras untuk memastikan semua program televisi bermanfaat dan tidak mengandung unsur negatif. Terlebih program televisi untuk anak – anak.

Beberapa waktu yang lalu KPI melalui siaran pers yang dimuat dalam situs web resminya menyampaikan saat ini masih terdapat sejumlah agedan atau unsur pada program anak – anak yang berpotensi menimbulkan dampak buruk terhadap perkembangan anak. Diantaranya kekerasan, kata – kata kasar, muatan porno, serta sejumlah sifat – sifat negative seperti emosi berlebihan, serakah, pelit, jahil, dan sebagainya.

Atas dasar kajian ini, KPI kemudaian menetapkan beberapa program televisi anak yang tergolong kategori berbahaya dan kategori hati – hati. Selain itu KPI juga mmberikan apresiasi terhadap sejumlah tayangan yang dinilai memuat sisi edukatif yang tinggi.

Seperti dikutip dari kompas.com, Senin (22/09/2014), sejumlah program anak yang terkategori berbahaya adalah Little Krisna (ditayangkan oleh ANTV), Bima Sakti (ANTV), serta Tom & Jerry (ANTV, RCTI, dan Global TV). Sedangkan untuk program yang masuk kategori hati – hati antara lain Spongebob Squarepants (Global TV) dan Crayon Sinchan (RCTI). KPI sendiri secara tertulis telah menyampaikan teguran terhadap stasiun televisi yang bersangkutan.

Sementara itu untuk program anak yang dinilai memiliki muatan edukatif yang tinggi dan mendapat apresiasi dari KPI antara lain Dora The Explorer (Global TV), Thomas and Friends (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Disney Junior (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Curious George (ANTV).

You must be logged in to post a comment Login