Gempur ISIS di Suriah !! amerika dan sekutu lakukan upaya militer

Viaberita.com – Amerika tengah melancarkan operasi militer ke suriah tepatnya ke kawasan organisasi militan ISIS(Islamic State Of Iraq Syria) yang kini telah berganti nama menjadi IS(Islamic State). “kami telah melancarakan segala upaya untuk memerangi ISIS” ungkap laksamana John Kirby juru bicara departemen pertahanan amerika serikat. Kirby juga menambahakan jika pihak amerika telah menggunakan rudal tomahawk, jet pengebom, jet tempur f-22 dan beberapa alat militer canggih dalam upaya serangan udara mereka.

Amerika dengan sekutu dan beberapa gabungan dari negara arab bersatu dalam memerangi ISIS. Mereka juga telah meluncurkan serangan udara kepada ISIS.

Menurut media amerika ada beberapa negara arab yang ikut dalam upaya serangan udara terhadap ISIS yakni Arab saudi, uni emirat arab, Qatar, bahrain dan jordania. Namun hingga sekarang belum diketahui secara pasti siapa saja yang terlibat dalam operasi ini.

Serangan udara tersebut adalah janji dari presiden amerika serikat, Barrack Hussein Obama yang ingin menghancurkan ISIS di suriah. Sebenaranya amerika telah meluncurkan serangan udara kepada ISIS di irak sejak agustus lalu sebanyak 190 serangan. Namun serangan terbaru yang dilakukan mereka ini adalah dalam upaya memperluas wilayah serangan terhadap anggota ISIS yang melintasi  perbatasan suriah.

Pemerintah Suriah belum secara resmi mengizinkan adanya serangan udara di daerah suriah. Akan tetapi mereka telah menerima kabar jika akan terjadi serangan udara sebelum dilakukan di kawasan suriah.

Seperti yang dikatakan oleh pemerintah suriah jika  “Amerika serikat telah memberi tahu kepada utusan tetap suriah di PBB bahwa serangan akan diluncurkan untuk melawan ISIS di Raqqa.” Sedangkan menteri luar negeri suriah mengatakan jika utusan mereka di PBB sudah mengatakan perihal tersebut.

You must be logged in to post a comment Login