Bukan Insomnia ! ini Sebenarnya Penyebab Tidur Larut Malam

Bukan Insomnia ! ini Sebenarnya Penyebab Tidur Larut Malam

Viaberita.com – Suatu gangguan yang sering di rasakan banyak orang dalam tidurnya yang sulit memejamkan mata kebanyakan disebut-sebut dengan insomnia. Akan tetapi menurut pakar yang telah meneliti permasalahan tersebut penyebab orang susah tidur lebih awal bukan hanya insomnia, melainkan ada gangguan yang bernama delayed sleep phase syndrome (DSPS) atau bisa di sebut dengan gangguan tidur larut malam.

Pakar kesehatan tidur tersebut berasal dari RS Miea Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan bahwa insomna sejatinya merupakan gejala adanya gangguan waktu tidur, bukan merupakan gangguan tidur itu sendiri. Namun insomnia tersebut juga termasuk gejala dari gangguan tidur larut malam.

“Orang harus bisa memahami mengenai insonia ini merupakan gejala, bukan merupakan gangguan dalam tidur. Gangguan dalam tidur yang disebutkan tersebut merupakan sleep disorder ini ada banyak macamnya, yakni psiko-insomnia, insomnia karena kondisi medis dan termasuk circadian system discorder yang merupakan gangguan jam tidur yang dirasakan oleh tubuh,” jelas dr Ade ketika memberikan informasi mengenai insomnia bukan merupakan gangguan tidur, melainkan gejala tidak bisa tidur.

Sehingga susah tidur awal hingga gangguan tidur larut malam itu adalah DSPS yang merupakan salah satu begian dari gangguan yang menyebabkan tubuh mengalami gangguan ketika jam tubuh untuk istirahat. Sehingga seseorang akan mengalami kesulitan tidur jika belum larut malam atau dini hari.

Pada sistem Circadian itu ada 2 macam jenisny. Ada yang advance yang mana orang tersebut akan tidur lebih awal dan ada juga yang delayed, sehingga tidur akan larut lebih malam atau dini hari.

Dari penjelasan pakar kesehatan tidur menyebutkan bahwa insomnia dan DSPS itu merupakan kondisi yang berbeda dari kedua opsi penjelasan tersebut. Insomnia itu sendiri merupakan orang yang mengalami kesulitan tidur atau tidurnya itu tidak bisa nyenyak, sedangkan untuk pengidap DSPS itu mengalami masalah lain yakni ia mengalami kemunduran jam tidur atau yang sering dikenal dengan circadian system.

Pernyataan yang di jelaskan oleh pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran tersebut juga sama dengan pernyataan dari Dr Stanley, Dr Robert Rosenberg yang merupakan pakar tidur dari Sleep Discorders Centers of Prescot Valley Arizona juga mengatakan bahwa DSPS itu terjadi karenakebiasaan tidur telat yang semakin marak terjadi. Penyebab terjadinya DSPS ini juga ada banyak macamnya, mulai dari gaya hidup, pekerjaan hingga kondisi pikiran.

“Kadang kala di ketahui ada pekerjaan yang menggunakan shift, sehingga mengharuskan mereka untuk masuk kedalam wakt malam hari. Hal ini juga dapat merusak jam tubuh dan membuat mereka tidak bisa tidur hingga menjelang dini hari. Sehingga menyebabkan terjadinya DSPS,” jelasnya.

You must be logged in to post a comment Login