WOW, ilmuan berhasil menghitung jumlah danau di bumi !!

Viaberita.com – Ilmuan swedia berhasil menghitung berapa jumlah danau di bumi. Temuan yang sangat mengejutkan ini dilakukan oleh tim peneliti Umea University swedia. Melalui satelit super canggih dengan pencitraan tinggi dan data satelit beresolusi tingg dengan super computer, tim peneliti Umea Universirty berhasil menghitung jumlah danau keseluruhan yang ada di bumi.

Jumlah dari keseluruhan danau tersebut ada sekitar 117 juta danau. Semua danau tersebut meliputi danau yang berukuran kecil dengan luas 1 hektar. Sedangkan letak danau tersebut rata rata berada di belahan bumi utara yang jauh dari kehidupan manusia.

Danau memiliki peranan cukup penting bagi keseimbangan lingkungan di bumi. Karena danau berfungsi sebagai penyimpan karbon meskipun ukuranya yang kecil dan berada di pelosok daerah.

Jumlah danau di dunia memang tidak pernah dihitung secara real karena sangat melelahkan jika harus menghitung satu-persatu. Pada tahun 2006 lalu sebuah tebakan statistik menyebutkan ada 304 juta danau yang berada di bumi. Studi statistik tersebut hanya berstatus perkiraan.

David Seekel yang merupakan pemimpin tim peneliti dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Umea University swedia menyebutkan jika jumlah danau dari hasil penelitian yang dilakukan oleh timnya ada 117 danau. Sedangkan Cory McDonald seorang ilmuan asal amerika yang bekerja di Departemen sumber daya alam Wincosin memaparkan jika 3,7 persen dari permukaan bumi di tutupi oleh air. Jumlah statistik tersebut diluar dari perkiraan peneliti sebelumnya.

You must be logged in to post a comment Login