Cara Mudah Burning File Ke CD / DVD Tanpa Software

cara burning file ke CD, cara mudah Burning file ke CD, Cara burning data ke CD, langkah burning file ke CD, cara mudah burning CD / DVD, langkah mudah burning CD, Cara burning file ke CD tanpa software, burning data, burning file, cara burning data

Viaberita.com. Cara Mudah Burning File Ke CD / DVD – Beberapa waktu lalu menyimpan file atau data elektronik di dalam sebuah CD atau DVD sangat diminati sebagai alternatif pengganti disket. Namun seiring berkembangnya jaman, penggunaan CD/DVD sebagai penyimpan data lambat laut semakin ditinggalkan. Saat ini pengguna lebih memilih untuk menggunakan flashdisk, memory card, maupun hardisk external sebagai alat untuk menyimpan data elektroniknya.

Namun demikian, pada beberapa kondisi tertentu menyimpan file/ data elektronik di dalam CD/DVD masih sangat dibutuhkan. Misalnya saja bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan mengumpulkan tugas akhirnya, seperti skripsi, tesis, atau disertasi. Sebagian besar kampus meminta mahasiwanya untuk mengumpulkan tugas akhir ini dalam bentuk soft file yang disimpan dalam sebuah CD/ DVD.

Nah untuk itu, kemampuan menyimpan file ke dalam CD/DVD atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘burning CD’ sangat dibutuhkan. Bagaimana sih sebenarnya cara burning file ke CD / DVD? Apakah sulit? Jawabannya tidak. Yaa,. cara burning CD atau DVD memang tidak sulit. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui bagaimana langkah – langkah menyimpan file ke dalam CD / DVD, berikut kami telah menyiapkan langkah-langkah cara mudah burning CD / DVD tanpa software khusus untuk Anda.

Cara Mudah Burning File ke CD / DVD

Cara Burning CD / DVD di Windows 8 atau 8.1

  1. Masukkan CD atau DVD yang sudah Anda siapkan ke dalam DVD Room
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin menggunakan CD/DVD tersebut sebagai sebuah ‘Like a USB Flash drive’ atau ‘With a CD/DVD player’. Pada kotak dialog ini Anda juga diminta untuk memberi nama CD/DVD Anda. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut: Cara Mudah Burning File ke CD atau DVD
  3. Setelah itu, pindahkan file/ data yang ingin Anda burn ke dalam drive CD/DVD.
  4. Selanjutnya silahkan klik kanan pada drive CD/DVD Anda dan pilih opsi ‘Burn to Disc’.
  5. Ikuti patunjuk yang diberikan dengan mengklik ‘Next’ sampai ‘Finish’. Cara Mudah Burning File ke CD atau DVD
  6. File yang Anda pilih telah berhasil di burning ke dalam CD.

Cara Burning CD / DVD di Windows 7

  1. Masukkan CD/ DVD Anda ke dalam DVD Room laptop.
  2. Pindahkan (Copy – paste) file yang ingin Anda Burn ke Drive CD/ DVD.
  3. Setelah itu klik kanan pada drive CD/ DVD lalu pilih opsi ‘Burn to Disk’. File Anda akan secara otomatis di burning ke dalam CD/DVD. Cara Mudah Burning File ke CD atau DVD

Sebagai catatan, pastikan Anda memberi nama file dan nama CD/DVD sesuai dengan yang Anda inginkan sebelum Anda melakukan burning.

Demikian cara mudah burning file ke dalam CD/ DVD tanpa software tambahan apapun. Bagaima menurut Anda, sangat mudah bukan? Tentunya Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan burning data ke CD/DVD. Selamat mencoba.

You must be logged in to post a comment Login