Tempat Wisata Raja Ampat Penuh Pesona

Wisata Raja Ampat Tempat wisata raja ampat

Viaberita.com – Tempat wisata Raja Ampat penuh pesona – Raja Ampat, tempat wisata satu ini memang cukup terkenal sekali dengan keindahannya, baik di Indonesia atau pun di dunia. Ada banyak sekali wisatawan lokal atau bahkan mancanegara yang cukup senang sekali berkunjung kemari. Selain panoramanya yang sangat menarik, kira – kira apa saja sih keindahan raja ampat yang bisa Anda nikmati di sana, khususnya nih untuk objek wisata yang ada di bagian barat kepala burung Pulau Papua satu ini? Berikut ulasan selengkapnya mengenai tempat wisata Raja Ampat penuh pesona yang akan kami rangkumkan untuk Anda.

Sejarah Raja Ampat Papua

Raja Ampat merupakan satu rangkaian dari gugusan pulai yang saling berdekatan, yakni ada 4 gugusan pula di tempat ini. Gugusan pulau tersebut termasuk ke dalam kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kini Raja Ampat ini jadi tujuan wisata khususnya bagi mereka yang cukup senang dengan kegiatan menyelam maupun diving. Di sinilah juga ada beberapa spot diving yang sangat menarik diantaranya di Pulau Misool, Waigeo, Salawati, dan juga Batanta.

Sebagian besar masyarakat yang ada di Raja Ampat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan yang juga mendiami kampung kecil serta tinggal berjauhan bahkan berbeda – beda pulau. Masyarakat di Raja Ampat juga sangat ramah, apalagi ketika menerima tamu dari luar. Selain hal itu, mereka juga tetap bisa hidup rukun meskipun memeluk keyakinan yang berbeda – beda, ada yang Muslim dan Kristen. Kepualauan Raja Ampat tersebut juga mempunyai potensi wisata yang cukup besar sekali, khususnya untuk penyelaman.  Raja Ampat diakui sebagai tempat menyelam terbaik dari 10 lokasi penyelaman terbaik dunia, flora dan juga faunanya tergolong lengkap. Dengan kawasan karang terbaik di nusantara.

Raja Ampat adalah salah satu pantai dengan laut lepas beserta pulau – pulau kecil yang ada di sekitar pantai tersebut, memang mempunyai tempat yang paling cocok bagi wisatawan lakukan diving atau pun snorkeling dengan melihat berbagai terumbu karang yang masih terjaga akan keindahannya. Untuk ini, wisatawan harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, seperti alat – alat snorkeling. Perairan ini simpan setidaknya 1.000 jenis ikan karang keras, 700 moluska, dan 540 jenis karang keras. Deskripsi raja ampat akan keindahannya sepertinya tak akan mampu jika diungkapkan dengan kata – kata lagi, sebab keindahannya yang sangat menakjubkan, bahkan beberapa spesies yang dapat Anda temukan ini terbilang lengkap, yakni wobegong, kuda laut katai, sserta ikan pari manta.

Akses Menuju Wisata Raja Ampat

Mengunjungi kepulauan yang satu tak terlalu sulit kok, meskipun memang akan memakan waktu dan juga biaya yang tak sedikit. Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta atau pu Bali untuk menuju ke Sorong lewat Makassar maupun Ambon dan juga Manado, kurang lebihnya selama 6 jam penerbangan. Nah, sesampai di bandara Raja Ampat di Sorong, kota yang terbilang besar dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap, untuk bisa jelajahi Raja Ampat ini Anda memiliki dua pilihan, yakni tur dengan menggunakan perahu pinisi atau pun tinggal di sebuah resort Raja Ampat Dive Lodge.

Sekalipun kebanyakan para wisatawan yang datang ke sini adalah para penyelam. Akan tetapi sebetulnya lokasi satu ini sangat menarik juga bagi para turis non penyelam sebab juga mempunyai pantai – pantai berpasir putih yang sangat indah sekali, sebuah gugusan pulau – pulau karst yang mempesona, serta flora dan fauna unik endemic seperti halnya cendrawasih Wilson, cendrawasih merah, maleo waigeo, berbagai burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta berbagai jenis anggrek.

Salah satu cara yang bisa dibilang paling mudah untuk menuju ke Raja Ampat ini adalah dengan ikut paket tour raja ampat 2017, sehingga Anda nantinya tak perlu lagi memikirkan segala sesuatunya yang Anda butuhkan untuk bisa menikmati liburan ke Raja Ampat seperti penginapan, transportasi, tempat tujuan wisata di Raja Ampat, dan lain – lain. Sebab kesemua itu biasanya sudah difasilitasi oleh pelenggara paket tour travel yang Anda pilih.

Souvenir dan Kuliner Unik Raja Ampat

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam dan bawah laut yang indah di Raja Ampat, akan tetapi di sini Anda juga bisa mencicipi makanan lezat khas Raja Ampat, diantaranya papeda dan juga barapen ayam ala Walesi. Kudapan yang dibuat dari tepung sagu satu ini memang sangat populer dikalangan masyarakat dan wisatawan. Makan papeda paling pas yakni dengan olahan yang berupa bumbu kunin, ikan asam, dan sambal. Selain itu, Anda juga bisa coba minuman tradisional khas Rajam Ampat yakni saguer, minuman tersebut asalnya dari kelapa murni. Dan terakhir adalah barapen ayam yang juga tak boleh ketinggalan.

Tak hanya kuliner, Raja Ampat ini juga memiliki berbagai souvenir yang bisa Anda bawa sebagai oleh – oleh. Souvenir seperti rahang hiu dan gigi yang maish menancap kuat di rahang tersebut jadi salah satu souvenir ekstrim yang bisa Anda dapatkan hanya di Raja Ampat dengan harga Rp 300 ribu rupiah. Selain itu juga masih ada banyak lagi souvenir yang bisa Anda dapatkan di sini, seperti kalung, anyaman tas, kalung raja Kofiau, dan lain – lain.

Artikel terkait :

Daftar Tempat Wisata Sekitar Tawangmangu

Air Terjun Kapas Biru

Obyek Wisata di Bawah Kaki Gunung Slamet

 

Demikian informasi tentang tempat wisata Raja Ampat penuh pesona yang bisa kami bagikan. Semoga manfaat.

You must be logged in to post a comment Login