Rekomendasi Tempat Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata soloTempat wisata solo

Viaberita.com – Tempat wisata Solo yang wajib dikunjungi – Kota Solo atau yang juga disebut dengan Surakarta ini merupakan sebuah kota yang letaknya cukup strategis di provinsi Jawa Tengah. Sebab letaknya yang strategis dan ada di tengah – tengah jalur darat, Kota satu ini cukup ramai akan kunjungan orang – orang yang dalam perjalanan menuju ke kota lain untuk singgah sejenak. Selain itu, Solo juga mempunyai tempat wisata menarik. Kira – kira apa saja tempat wisata Solo yang wajib dikunjungi?

Tempat Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi

Grojogan sewu tawangmangu

Grojogan sewu tawangmangu ini adalah tempat wisata alam solo yang pertama harus Anda kunjungi pada saat berlibur ke kota Solo, yang mana tempat wisata alam tersebut merupakan tempat yang paling terkenal di Solo. Ada di sisi barat gunung lawu, tempat ini adalah sebuah air terjun yang sangat mempesona dan menyimpan jutaan misteri. Lokasinya tak jauh – jauh dari kota Solo, yakni hanya sekitar 37 km di timur Solo, tepatnya di kabupaten Karangayar.

Pandawa water world Solo Baru

Tempat wisata solo dan sekitarnya yang selanjutnya adalah pandawa water world Solo Baru ini, yang merupakan sebuah wahana wisata air yang memang sudah jadi salah satu objek wisata di Solo yang cukup populer. Bertempat di Solo Baru, wisata ini tawarkan pengalaman bermain air yang sangat mengasyikkan dan juga menyenangkan bagi keluarga Anda dengan beberapa fasilitas lengkap, sehingga akan sangat cocok sekali bagi semua usia. Harga tiket masuk ke pandawa water world Solo Baru ini sekitar Rp 50 ribu rupiah di hari biasa dan hari libur adalah Rp 100 ribu rupiah.

Taman balekambang

Ini merupakan tempat wisata Solo yang paling sering dipergunakan untuk isi waktu liburan. Taman satu ini bertempat di jalan Ahmad Yani yang mempunyai luasan kurang lebih sekitar 10 hektar. Taman balekambang dibagi jadi dua bagian, yakni taman air partini yang dipergunakan untuk permainan perahu dan juga hutan partinah yang memiliki koleksi berbagai macam tanaman langka. Taman balekambang ini mulai difungsikan jadi taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008 lalu dan juga jadi wisata solo murah.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta ini merupakan tempat hits di solo yang murah meriah. Cukup dengan bayar tiket masuknya sekitar Rp 10 ribu rupiah, wisatawan nantinya sudah bisa berkeliling untuk menikmati koleksi benda – benda kuno di museum serta berfoto dengan prajurit penjaga keraton. Benda yang paling unik dan menarik dipamerkan di sini adalah kereta kencana.

Taman sriwedari solo

Taman sriwedari ini merupakan sebuah taman yang berada di kecamatan Lawiyan yang cukup identik sekali dengan unsur sejarah. Dulu taman ini dibuat sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Akan tetapi sekarang taman tersebut adalah salah satu tempat wisata yang ada di kota Solo yang paling menarik untuk dikunjungi. Selain hal tersebut, di sini juga ada gedung wayang orang sriwedari yang merupakan pertunjukan kesenian wayang dengan cerita Mahabrata dan juga Ramayana.

Museum batik Danar Hadi Solo

Museum ini merupakan tempat wisata di solo yang dekat dengan stasiun balapan yang berada di jalan Slamet Riyadi nomor 261 Surakarta, yang merupakan museum yang mempunyai koleksi kain batik paling banyak dan sudah diakui MURI. Di sinilah Anda nantinya akan dapat menemukan sampai dengan 10 ribu helai kain batik dari berbagai corak maupun motif.

Air terjun jumog

Air terjun jumog ini adalah salah satu tempat wisata di karanganyar yang jadi alternatif objek wisata alam yang cukup terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Yang mana air terjun jumog tersebut juga tak kalah indahnya dari objek wisata air terjun lainnya yakni grojogan sewu tawangmangu. Hanya berjarak kurang lebihnya sekitar 40 km dari pusat kota Solo, air terjun satu ini tawarkan wisata alam dengan panorama yang sangat indah dengan harga murah. Cukup dengan membayar sekitar Rp 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun jumog dan juga bermain air di bagian bawah air terjunnya tersebut.

Hal menarik dari kota Solo ini tak hanya tawarkan keindahan alam dan juga museum yang simpan berbagai peninggalan bersejarah, akan tetapi di kota Solo ini Anda juga bisa berwisata kuliner, berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner di solo yang kami rekomendasikan buat Anda diantaranya, warung pecek Solo yang memiliki nama Warung Ndeso Solo yang cukup terkenal sekali dengan panganan tradisionalnya, warung tersebut ada di Dr. Soepomo nomor 55 Mangkubumen dan Srabi Notosuman di jalan Mohammad Yamin nomor 28, serta Soto Gading di jalan Brigadir Jendral Sudiarto nomor 75.

Baca juga :

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Demikian tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Solo yang wajib dikunjungi. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi liburanmu di kota Solo.

You must be logged in to post a comment Login