Cara Membuat Sempol Telur Tanpa Daging yang Enak

Cara membuat sempol

Cara membuat sempol

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Viaberita.com – Cara membuat sempolSempol merupakan jajanan berbahan dasar tepung dengan ayam atau perasa ayam yang dicelup dengan telur selanjutnya digoreng dan menjadi favorit warga Malang. Namun, sekarang ini kuliner khas Malang ini sudah ada di beberapa kota lain seperti di Banyuwangi. Akan tetapi bagaimana sebetulnya sejarah sempol ini? Dahulu, warga desa Sempol yang berada di Kabupaten Malang ni hendak pergi ke kota Malang untuk menjual cilok. Dan sampai pada akhirnya penjual ini berpikir ingin membuat jajanan yang unik, berbekal ide cilok yang dikepal seperti mendol selanjutnya dicelup adonan telur lalu digoreng dan dicocol dengan sambal biasa. Sampai akhirnya penjual tersebut membawa jajan dari ide tersebut ke kota Malang. Saat itu juga memang belum ada jajanan yang serupa di kota Malang. Bahkan penjual yang sering di sapa Cak Man cukup kesusahan bagaimana memasarkannya sebab jarang ada yang tertarik.

Nama sempol ini pun juga sekadar keisengan. Tidak kehilangan akal, Cak Man pun juga memanfaatkan keramaian demam anak remaja pada Korea dengan mengubah Sempol ini menjadi Pentol Korea. Dan dengan nama tersebut, banyak yang kemudian membeli bahkan berlangganan. Akan tetapi karena nama Sempol yang terlebih dahulu dipasarkan, maka masyarakat pun lebih mengenal dengan nama Sempol. Lalu pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana sebetulnya cara membuat sempol telur? Apakah selama ini anda mengira bahwa Sempol berbahan dasar tepung dan ayam? Sebetulnya tidak juga, sebab Penjual di pinggir jalan tidak selalu mencampurkan ayam ke dalam adonannya, jika memakai perbandingan dengan tepungnya juga begitu jauh, mereka lebih suka memakai kaldu ayam sebagai perasa ayam. Sebetulnya bahan utama dari Sempol ini ialah tepung. Rasanya tetap lezat dan sedap jika dinikmati sebagai cemilan, terlebih pada saat hujan di luar lalu menikmatinya selagi hangat. Adapun cara membuat sempol tanpa ayam ini sangat mudah, sebab anda dapat mengikuti resep seperti berikut ini :

Adapun bahan bahan yang di butuhkan untuk membuat sempol antara lain :

  • Siapkanlah 12 sdm tepung terigu
  • 8 sendok makan tepung tapioka atau tepung kanji
  • Air putih secukupnya
  • 2 lembar daun bawang dan iris dengan halus
  • 2 sendok makan bawang goreng (opsional)

Bumbu-bumbu yang dihaluskan antara lain ialah  :

  • Sediakanlah 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya dan juga kaldu bubuk jamur
  • Bahan pencelup menggunakan 1 btr telur dan garam garam dan kaldu bubuk jamur.
  • Pelengkap : sambal kacang

Cara membuat adonan sempolan ialah sebagai berikut :

  1. Pertama siapkanlah semua bahan dan juga uleg bumbu halus, iris halus daun bawang.
  2. Jika sudah, campurlah tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus serta irisan daun bawang dan juga bawang goreng selanjutnya tambahkan air dengan secukupnya. Aduk rata sampai dapat di bentuk dan tidak lengket di tangan. Dan jika masih lengket anda bisa tambahkan dengan sedikit terigu.
  3. Ambilah tusuk sate dan belah hingga menjadi dua, selanjutnya kepalkan adonan yang telah dibuat tersebut dan tusuk dengan tusukan sate. Lakukankah sampai semua adonan tersebut habis.
  4. Jika sudah, di dihkanlah air, masukkan sempol dan masak sampai matang yang di tandai dengan sempol yang telah mengapung.
  5. Jika adonan resep sempol ikan ini sudah mengapung, anda bisa angkat dan tiriskan. Selanjutnya ambil satu butir telur bumbui dengan sedikit garam dan kaldu bubuk jamur kocok sampai rata.
  6. Jika sudah, masukkanlah sempol ini kedalam kocokan telur selanjutnya goreng. Setelah setengah matang masukkan lagi sempol ke dalam kocokan telur dan goreng kembali sampai matang. Angkat dan tiriskan. Sempol anda siap untuk disajikan.

Baca :

Aneka Resep  Cara Memasak Ikan

Masakan Khas Italia ala Chef Gianluca Visciglia

Dan supaya rasanya semakin nikmat, anda bisa menyantap resep cara membuat sempol kanji diatas dengan sambal kacang jika sudah bosan menggunakan sambal biasa. Sekarang anda bisa menikmati sempol tanpa ayam dengan mudah bukan? Selamat mencoba dan menikmati cara membuat sempol tanpa daging di rumah dengan keluarga.

You must be logged in to post a comment Login