Objek Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata dieng wonosobo gunung prau - viaberita

Objek Wisata Dieng Gunung prau

Viaberita.com – Objek wisata Dieng Wonosobo yang wajib dikunjungi – Dieng merupakan salah satu dataran tinggi yang mempunyai tempat wisata paling menarik yang ada di Jawa Tengah. Ada di wilayah kabupaten Banjarnegara dan juga kabupaten Wonosobo, kurang lebihnya sekitar 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Diet ada di bagian barat komplek gunung sindoro dan juga gunung sumbing. Yang mana menurut sejarah, dataran tinggi Diet tersebut disebut sebagai salah satu tempat para Dewa dan Dewi tinggal. Nama Dieng ini sendiri diambil dari bahasa Kawi yakni “Di” yang memiliki arti sebagai tempat atau pun gunung dan “Hyang” yang memiliki arti sebaai dewa, sehingga Dieng berarti daerah pegunungan tempat bagi para Dewa dan Dewi bersemayam. Sedangkan sejarah yang lainnya ada yang mengatakan bahwa nama Dieng ini asalnya dari bahasa Sunda yakni “Di hyang” sebab diperkirakan di abad ke 7 Masehi daerah tersebut ada di dalam wilayah politik kerajaan Galuh. Selain dikarenakan keindahan tempat wisatanya, Dieng juga cukup terkenal sekali sebagai salah satu tempat yang kental akan spiritual sebab di sini ada beberapa candi – candi kuno yang bercorak Hindu dengan arsitektur yang sangat unik sekali. Ada di ketinggian kurang lebih sekitar 2.093 meter dpl, dataran tinggi Dieng di Wonosobo tersebut mempunyai udara yang sangat sejuk, lengap dengan kabut pada saat matahari tak muncul di langit. Dengan kisaran suhu sekitar 15 hingga 20 derajat celcius, Dieng Wonosobo ini mempunyai beberapa tempat wisata yang pastinya akan sangat disayangkan sekali untuk Anda lewatkan. Dan berikut ini adalah beberapa objek wisata Dieng Wonosobo yang wajib dikunjungi.

Objek Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Telaga warna Dieng

wisata dieng Telaga Warna wonosobo viaberita.com

Gambar Telaga warna dieng wonosbo

Telaga warna yang ada di Dieng ini merupakan salah satu landmark dari objek wisata Dieng Wonosobo. Nama telaha warna tersebut diambil karena telaga ini mempunyai warna yang berbeda – beda, bahkan tak hanya itu saja telaga warna ini sendiri mempunyai legenda tersendiri. Yang mana menurut legenda warga setempat, warna yang akan muncul pada permukaan telaga tersebut dikarenakan jaman dulu kala ada cincin miliknya bangsawan yang telah terjatuh ke dalam telaga. Secara ilmiah warna yang berbeda tersebut dikarenakan adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang yang ada di dasar telaga. Dominasi warna dari telaga ini diantara biru laut, hijau, dan juga putih kekuningan. Apabila Anda memang ingin lihat keindahan warna dari telaga. Maka Anda nantinya akan bisa mendaki ke bagian puncak bukit yang mengelilingi telaga. Yang mana di daerah tepian telaga, ada sebuah balkon yang bisa dipergunakan untuk duduk santai sembari menikmati keindahan telaga ini. Lalu untuk harga tiket masuk obyek wisata dieng ini adalah Rp 100 – 150 ribu rupiah.

Bukit sikunir dieng

bukit sikunir wisata dieng wonosobo viaberita.com

Gambar pemandangan bukit sikunir dieng wonosobo

Apakah Andan ingin melihat sunrise? Anda dapat datang ke bukit sikunir Dieng Wonosobo ini, yang mana bukit tersebut merupakan bukit yang cukup terkenal sekali di kalangan wisatawan sebagai salah satu tempat favorit berburu sunrise. Bukit sikunir berada di sebuah desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Bukit sikunir ini ada di ketinggian kurang lebihnya sekitar 2.200 meter dpl. Diberi nama bukit sikunir sebab bukit tersebut banyak membuat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang sangat indah, yakni kekuningan seperti kunir menjadikan masyarakat setempat memberi nama sikunir. Kunir menurut bahasa Jawa sendiri artinya kunyit. Bahkan tak hanya kedua objek wisata di atas saja, akan tetapi ternyata dieng simpan 21 objek wisata alam, yang pastinya akan mampu memanjakan liburan Anda, diantaranya telaga pengilon Dieng, telaga merdada Dieng, gunung prau Dieng, candi arjuna Dieng, Dieng plateau theater, gardu pandang Tieng, batu ratapan angin Dieng, sumur jalatunda Dieng, kawah sikidang Dieng, telaga cebong Dieng, candi bima Dieng, kawah candradimuka Dieng, kawah sileri Dieng, museum kailasa Dieng, wisata kuliner Dieng, gua semar Dieng, sungai serayu Dieng, arung jeram Dieng, dan terakhir adalah telaga menje Dieng. Harga tiket masuknya adalah Rp 10 ribu rupiah. Untuk harga tiket masuk ke objek wisata tersebut antara Rp 3 ribu rupiah hingga Rp 30 ribu rupiah.

Daftar Penginapan Wisata Dieng

Flamboyant Dieng Ada di jalan Raya Dieng, yang mana penginapan ini mempunyai beberapa kamar. Homestay Flamboyan ada di dekat komplek candi Dieng.

Hotel Asri

Penginapan ini memang cukup senior di Dieng, yang mempunyai desain bangunan terbilang lama tetapi cukup ramai dikunjungi wisatawan sebab letaknya ada di pinggiran jalan pusat Dieng.

Hotel Asri 2 Dieng

Penginapan ini letaknya sangat strategis sebab ada di dekat pertigaan Dieng. Hotel tersebut tergolong baru, tetapi walaupun demikian selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Homestay Dieng Murah Lotus

Lotus merupakan homestay yang tergolong baru, bangunan rumahnya juga cukup bagus yang didesain bertingkat dan mempunyai teras atas yang cukup luas, sehingga bisa lihat pemandangan indah.

Baca juga :

Wisata Malang Paling Hits 2017

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Tempat Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi

Demikian informasi yang bisa kami  bagikan tentang objek wisata Dieng Wonosobo yang wajib dikunjungi. Semoga manfaat.

You must be logged in to post a comment Login