Inilah 9 Rudal Korea Utara (Korut), ICBM Taepodong-2 Paling Mengerikan

rudal korea utara, rudal korut, rudal buatan korea utara, jenis rudal korut, korea utara, senjata nuklir korut, Rudal ICBM Taepodong-2

Viaberita.com. 9 Rudal Korea Utara (Korut) – Korea Utara (Korut) dikabarkan tengah serius mengembangkan senjata berbasis nuklir dan berbagai jenis rudal. Salah satunya adalah rudal balistik interncontinental atau rudal balistik antarbenua (ICBM) Taepodong-2.

Rudal ICBM Taepodong-2 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan disebut-sebut bakal menjadi ancaman mengerikan bagi berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Jika berhasil dikembangkan, rudal ini berpotensi membawa hulu ledak nuklir yang dapat menjangkau wilayah AS.

Dikutip dari SINDOnews pada Sabtu (29/4/2017), setidaknya ada 9 rudal yang dikembangkan Korut dibawah pimpinan Kim Jong-un. Menurut data dari Center for Strategic and International Studies Missile Defense Project (CSIS-MDP), kesembilan rudal Korea Utara adalah sebagai berikut.

9 Rudal Korea Utara (Korut)

  1. Rudal KN-02, memiliki daya jangkau 150km.
  2. Rudal Hwasong-5, memiliki daya jangkau 300km.
  3. Rudal Hwasong-6, memiliki daya jangkau 500km.
  4. Rudal Hwasong-7, memiliki daya jangkau 800km.
  5. Rudal KN-11, diluncurkan dari kapal selam dan memiliki daya jangkau 900km.
  6. Rudal No-Dong, memiliki daya jangkau 1.500km.
  7. Rudal Musudan BM-25, memiliki daya jangkau 4.000km.
  8. Rudal KN-08/14, memiliki daya jangkau 8.000km.
  9. Rudal Taepodong-2, memiliki daya jangkau 10.000-15.000km.

Dari kesembilan jenis rudal Korut tersebut, beberapa telah diuji coba tembakkan. Sebagian berhasil, namun ada beberapa yang gagal. Untuk rudal ICBM Taepodong-2 yang berpotensi menjadi momok masih terus dikembangkan dan belum pernah diuji tembakkan.

Jika benar-benar berhasil dikembangkan, dengan daya jangkau yang mencapai 10.000-15.000 km, rudal ICBM Taepodong-2 tentu menjadi yang paling mengerikan. Terlebih jika dipasangi hulu ledak nuklir, rudal ini berpotensi membumihanguskan sebuah negara. Ancaman untuk membumihanguskan wilayah AS pun bisa saja menjadi kenyataan jika rudal ICBM Taepodong-2 sukses dikembangkan dengan sempurna.

Baca Juga:

You must be logged in to post a comment Login