Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017

Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas, Pidato Hari Pendidikan Nasional, naskah pidato Hari Pendidikan Nasional, teks pidato Hari Pendidikan Nasional, sambutan Mendikbut Hari Pendidikan Nasional, peringatan Hari Pendidikan Nasional, Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Naskah pidato sambutan Hari Pendidikan Nasional 2 mei 2017

Viaberita.com. Pidato Sambutan Mendikbud pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017 – Selasa, 2 Mei 2017, Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tema yang diusung pada peringatan tahun ini adalah “Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy melalui teks pidato sambutan Hari Pendidikan Nasional, kembali mengingatkan mengenai prinsip-prinsip dasar pendidikan di Indonesia yang mengacu pada gagasan atau prinsip-prinsip Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional; serta pentingnya untuk menghayati dan menerapkan kembali prinsip-prinsip tersebut dalam pendidikan saat ini.

Beberapa pandangan atau prinsip Ki Hadjar Dewantara yang sampai saat ini masih sangat relevan dan dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia adalah: (1) Panca Darma, yakni pandangan bahwa pendidikan harus berlandaskan pada lima dasar yakni kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebudayaan, dan kemanusiaan; (2) Kon-3, yang berarti bahwa penyelenggaraan pendidikan harus didasarkan pada asas kontinuitas, konvergensi, dan konsentris, dalam artian proses pendidikan harus berkelanjutan, terpadu, dan berakar di bumi tempat dilangsungkannya proses pendidikan; (3) Tri Pusat Pendidikan, yang berarti bahwa proses pendidikan harus berlangsung di tiga lingkungan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling berhubungan secara simbiotis dan tidak dapat dipisahkan.

Sementara itu dalam sistem kepemimpinan pendidikan di Indonesia, konsep “Laku Telu” Ki Hadjar Dewantara yakni “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani” masih menjadi pegangan dan acuan bersama. Prinsip-prinsip pendidikan dari Bapak Pendidikan Nasional ini kini menjadi dasar acuan visi pendidikan di Indonesia, yakni masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta memiliki ketrampilan hidup vokasi, dan profesi abad 21.

Baca Juga:

Untuk naskah pidato sambutan Mendikbud pada pringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2017 selengkapnya, silahkan klik tautan di bawah ini:

Pidato Hardiknas Mendikbud 2017

You must be logged in to post a comment Login