Artikel Ramadhan: Kewajiban Menuntut Ilmu dan Keutamaan Orang Berilmu

keutamaan orang berilmu, keutamaan ilmu, perintah menuntut ilmu, kewajiban menuntut ilmu, keutamaan orang berilmu dalam islam, keutamaan ilmu dalam islam, kewajiban menuntut ilmu bagi orang islam, artikel Ramadhan

Viaberita.com. Kewajiban Menuntut Ilmu dan Keutamaan Orang Berilmu – Ilmu merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia sebagai bekal untuk menjalani kehidupan. Oleh sebab itu, menuntut ilmu merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Bahkan dalam Islam, menuntut ilmu merupakan sesuatu yang diperintahkan.

Berikut ini beberapa dasar tentang perintah atau kewajiban menuntut ilmu bagi orang Islam serta mengajarkannya kepada sesama.

Kewajiban Menuntut Ilmu

“Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw, bersabda: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas” (HR.Ibnu Majah)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash r.a. bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Sampaikanlah apa yang kamu dapatkan daripada aku walaupun hanya satu ayat.” (HR. Bukhori).

Baca Juga Artikel Ramadhan Lainnya:

Dengan ilmu yang dimiliki, setiap manusia tentu akan mendapatkan banyak keutamaan ilmu. Baik keutamaan ilmu yang akan memudahkan kehidupan di dunia, maupun keutamaan ilmu yang akan memudahkan jalan ke surga. Berikut ini lima keutamaan orang berilmu menurut Islam.

Keutamaan Orang Berilmu

  1. Ditinggikan derajadnya oleh Allah

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. (Al Mujadalah:11).

  1. Mampu beramal dengan sempurna sesuai syariat Islam

“Dan sesungguhnya perbedaan keutamaan orang yang berilmu dengan orang yang gemar beribadah, sebagaimana keutamaan bulan purnama dari seluruh bintang lainnya” (HR. Turmudzi dan Ahmad)

  1. Dimudahkan jalan menuju surga

Dari Abu hurairah r.a bahwasanya Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga”. (HR.Muslim)

Riwayat lain:

Dari Anas r.a, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia berada dijalan Allah sehingga ia kembali kerumahnya” (HR. Turmudzi).

  1. Mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat

“Barang siapa menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki kehidupan akerat maka wajib baginya memiliki ilmu. Dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu” (HR.Turmudzi).

  1. Memiliki amalan yang tidak akan terputus

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda “Apabila anak adam meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakannya” (HR. Muslim).

Demikian uraian singkat mengenai kewajiban menuntut ilmu bagi orang Islam dan keutamaan orang berilmu dalam Islam. Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, marilah kita perbanyak ilmu dengan mendatangai majlis-majlis ilmu. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang berilmu dan mendapatkan keutamaannya sebagaimana yang telah dijelaskan. Aamiin.

You must be logged in to post a comment Login