Tips Puasa Ramadhan: Cara Mengatur Pola Makan Sehat Saat Puasa Ramadhan

Viaberita.com. Tips Puasa Ramadhan: Cara Mengatur Pola Makan Sehat saat Puasa Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Tak ayal banyak orang berbondong-bondong meningkatkan ibadahnya di bulan suci ini. Mulai dari menjalankan kewajiban puasa di siang hari, hingga memperbanyak ibadah di malam harinya dengan sholat Tarawih, tadarus Al – Quran, berdzikir, dan lain sebagainya.

Untuk itu, agar dapat menjalankan ibadah dengan maksimal tentu dibutuhkan tubuh yang prima. Pola makan sehat selama bulan Ramadhan tentu harus tetap dijaga. Lantas seperti apa sih sebenarnya cara mengatur pola makan sehat saat puasa Ramadhan? Berikut tim viaberita.com telah merangkumnya untuk Anda.

Baca Juga:

Tips Puasa Ramadhan: Cara Mengatur Pola Makan Sehat Saat Puasa

  • Saat sahur usahakan untuk membatasi konsumsi teh dan kopi. Pasalnya, dua jenis minuman tersebut dapat menyebabkan metabolisme berjalan lebih cepat. Dengan demikian dapat berdampak pada lebih cepatnya mendatangkan rasa haus meski tidak sampai terdehidrasi.
  • Pada waktu sahur sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan yang lambat dicerna dan kaya akan serat. Contohnya adalah gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah.
  • Pada saat sahur, usahakan untuk membatasi konsumsi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini dapat lebih cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani ibadah puasa nantinya.
  • Saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma. Hal ini  karena kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang tinggi. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa akan perlahan dipenuhi.
  • Usahakan untuk mengonsumsi buah pisang saat berbuka, karena ini sangat baik bagi tubuh Anda. Buah pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  • Hindari untuk mengonsumsi banyak makanan yang digoreng saat berbuka. Pasalnya makanan yang digoreng dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.
  • Usahakan untuk mengonsumsi air secara cukup atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh yang akan sangat bermanfaat esok harinya saat Anda beraktivitas.
  • Hindari terlalu banyak makanan es saat berbuka, karena memudahkan Anda lebih cepat kenyang. Dengan demikian, dapat berdampak pada asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh, disebabkan Anda sudah merasa kenyang.

Demikian tips Ramadhan mengenai cara mengatur pola makan sehat saat berpuasa Ramadhan. Semoga dapat memberikan banyak manfaat.

Muhammad Kamal

Menulis adalah cara terbaik untuk belajar

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..