Jelang Jadwal Indonesia Open 2017, Inilah 4 Pebulutangkis Tersukses Di Ajang Ini

Viaberita.com. 4 Pebulutangkis Terbaik di Ajang Indonesia Open – Gelaran turnamen BCA Indonesia Open 2017 Super Series Premier tinggal dalam hitungan hari. Para pemain tentu tengah bersiap jelang turnamen akbar ini. Mengakhiri puasa gelar di negeri sendiri tentu menjadi salah satu tajuk yang akan diangkat dalam gelaran kali ini.

Pebulutangkis Indonesia memang sudah sejak lama tak merasakan gelar juara Indonesia Open. Terakhir kali wakil Indonesia berhasil menyabet gelar bergengsi ini pada tahun 2013 lewat ganda putra Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan.

Dalam gelaran Indonesia Open Super series Premeir, tuan rumah sebenarnya punya catatan sejarah apik. Setidaknya ada tiga pebulutangkis Indonesia yang mengoleksi trofi terbanyak di ajang ini sejak pertama kali dihelat ada tahun 1982, yakni sebanyak enam trofi.

Sementara itu, Lee Chong Wei menjadi satu-satunya pemain asing yang mampu menorehkan rekor serupa. Pebulutangkis hebat asal Malaysia ini kini berstatus sebagai juara bertahan di Indonesia Open 2017.

Baca Juga: Jadwal Turnamen Bulu Tangkis (Badminton) Superseries dan Grand Prix Sepanjang Tahun 2017

Lantas, siapa sajakah pebulutangkis tersukses di gelaran Indonesia Open? Berikut selengkapnya.

4 Pebulutangkis Tersukses di Indonesia Open

Ardy B. Wiranata

Ardy Wiranata pertama kali berhasil merebut gelar juara di ajang Indonesia Open nomor tunggal putra pada tahun 1990. Kala itu ia berhasil memenangi laga all Indonesian final kontra Eddy Kurniawan. Setelah itu, pada dua gelaran berturut-turut yakni tahun 1991 dan 1992, peraih medali perak Olimpiade Barcelona ini berhasil mempertahankan gelar juara.

Namun di tahun 1993, gelar juara berpindah ke tangan Alan Budikusum. Barulah di tahun 1994, Ardy Wiratama berhasil merebut kembali gelar bergengsi Indonesia Open. Kesuksesannya berlanjut pada gelaran tahun 1995.

Ia pun sukses menjadi pebulutangkis dengan koleksi gelar juara terbanyak, usai menorehkan gelar juara Indonesia Open keenamnya pada tahun 1997.

Trikus Harjanto

Trikus Harjanto menjadi pebulutangkis ganda Indonesia tersukses dengan koleksi enam gelar juara. Gelar tersebut berhasil ia dapatkan kala berpasangan dengan Minarti Timur sebanyak lima kali, dan dengan Emma Ermawati sebanyak satu kali.

Kala berpasangan dengan Minarti, Trikus berhasil mencetak sejarah dengan berhasil merebut juara Indonesia Open selama lima kali beruntun yakni tahun 1995, 1996, 1997, 1998, dan 1999. Rekor sensasional ini belum mampu dipatahkan oleh pemain lain.

Setelah tak lagi berpasangan dengan Minarti, Trikus kemudian berpasangan dengan Emma. Bersama Emma, ia berhasil menambah satu gelar juara yakni pada tahun 2001.

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat bisa dibilang menjadi penerus kesuksesan tunggal putra Indonesia di ajang Indonesia Open setelah Ardy Wiranata. Pemegang emas Olimpiade 2004 ini berhasil menyamai perolehan gelar juara Indonesia Open milik seniornya, yakni sebanyak enam.

Taufik pertama kali merengkuh juara pada pergelaran tahun 1999 dengan membuat kejutan usai berhasil mengalahkan seniornya, Budi Santoso di laga final. Di edisi selanjutnya Taufik kembali menjadi juara, usai membungkam Ong Ewe Hock asal Malaysia.

Pada tahun 2001, Taufik harus puas terhenti di babak ketiga usai kalah dari Agus Harianto. Namun setelah itu, ia ‘mengamuk’ dengan menyabet tiga gelar juara beruntun di tahun 2002, 2003, dan 2004. Ia melengkapi gelarnya pada tahun 2006.

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei menjadi satu-satunya pemain asing yang berhasil mencatatkan kemenangan terbanyak di ajang Indonesia Open yakni sebanyak enam kali. Tunggal Putra asal Malaysia ini meraih gelar juara pertamanya di ajang ini pada tahun 2007. Saat itu ia berhasil menumbangkan Bao Chunlai di final dengan kemenangan dua set, 21-15 dan 21-16.

Setelah itu, ia kembali merebut gelar juara pada tahun 2009 dan sekaligus mencatatkan hattrick gelar usai berhasil mempertahankannya pada tahun 2010 dan 2011. Di tahun 2012 ia absen dari gelaran bergengsi ini sehingga harus kehilangan gelar juaranya. Barulah ditahun 2014 ia berhasil meraihnya kembali.

Lee Chong Wei berhasil menggenapkan gelar juara Indonesia Opennya menjadi enam, setelah ia berhasil keluar sebagai juara di tahun 2016.

Muhammad Kamal

Menulis adalah cara terbaik untuk belajar

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..