Ini Yang Membuat Rossi “Menggila” di Sirkuit Aragon, Spanyol

Viaberita.com, Spanyol, Ini Yang Membuat Rossi “Menggila” di Sirkuit Aragon – Penampilan Valentino Rossi di Sirkuit Aragon, Spanyol beberapa waktu lalu, memang agak sedikit “menggila”. Kehadiran The Doctor jelas sangat mengejutkan, mengingat ia belum sembuh total dari cedera patah tulang fibula dan tibia pada kaki kananya.

Namun, dengan tekad kuat ternyata Rossi mampu ikut ambil bagian pada balapan tersebut. Tidak hanya sekadar tampil, nyatanya rider 38 tahun itu cukup kompetitif dengan nempati posisi dua saat kualifikasi.

Sayang, penampilan Rossi sempat menurun saat balapan. Pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP itu hanya mampu menyelesaikan race di tempat kelima.

Penampilan Rossi di Aragon tentu menjadi tanda tanya besar bagaimana seorang pembalap dengan luka yang cukup parah nyatanya mampu bersaing dengan rider terdepan. Ternyata, salah satu perusahaan pembuat rem, Brembo membocorkan rahasianya.

Brembo menjelaskan kalau Rossi menggunakan rem jempol saat balapan di Aragon. Dengan itu, maka The Doctor dapat mengerem tanpa menggunakan kaki kanannya yang memang belum sembuh total.

“Pembalap menggunakan rem jempol untuk mengurangi tekukkan pada kakinya. Kami dapat mengatakan the thumb pump sekarang digunakan seperti traction control. Selain itu, tanpa mengurangi respek terhadap rem belakang yang biasa, the thumb pun menawarkan ergonomis yang lebih besar,” jelasnya.

Rossi bukan pembalap pertama yang menggunakan rem jempol saat balapan. Sebelumnya, juga ada Maverick Vinales (rekan setim Rossi), duo Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, serta Danilo Petrucci yang sudah menggunakannya dalam beberapa bulan terakhir.

 

 

(sumber:sport.okezone.com)

You must be logged in to post a comment Login