5 Tips dan Trik Mencuci Mobil Agar Tidak Mudah Lecet

Viaberita.com, Jakarta – Suka cuci mobil sendiri atau di tempat cucian umum? Dimanapun itu Anda perlu perhatikan bagaimana cara mencuci mobil dengan baik. Walaupun mencuci mobil termasuk kegiatan yang mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil tak mengalami lecet sedikitpun. Berikut tips saat mencuci mobil yang detikOto kutip dari Consumer Reports.

1. Jangan asal gunakan sabun

Jangan gunakan sabun pencuci tangan, pencuci piring, cairan pembersih kaca atau cat ya Otolovers. Berbagai sabun pencuci tersebut memiliki formula yang berbeda dengan sabun pencuci mobil sehingga bukan tak mungkin dapat merusak warna cat mobil anda. Pilih sabun yang memang dikhususkan untuk mencuci mobil.

2. Jangan hanya pakai satu spons saja dan satu ember

Pakai spons yang berbeda untuk bodi dan juga ban saat sedang mencuci mobil. Kotoran di ban tentunya berbeda dengan di bodi mobil, misalnya seperti debu, pasir yang bisa membuat cat mobil lecet. Kalau Otolovers ada uang lebih disarankan juga untuk membeli cairan pembersih ban, namun jangan digunakan di bodi mobil karena formulanya yang lebih kuat bisa bikin cat mobil pudar.

Ember juga sebaiknya dipisahkan untuk yang membersihkan bodi dan juga ban agar kotorannya tak tercampur.

Spons juga sebaiknya tidak digunakan dengan cara memutar karena bisa menimbulkan seperti tanda bulat. Spons sebaiknya diusap dari arah atas ke bagian bodi. Dan jangan menggunakan spons yang dipakai untuk membersihkan bagian bawah bodi mobil. Biasanya bagian bawah bodi mobil justru terdapat partikel pasir mengendap sehingga bisa membuat goresan pada bodi mobil.

3. Hindari mencuci mobil saat mesin masih panas

Sebaiknya jangan mencuci mobil saat mesinnya masih panas baru atau mobil baru di parkir di tempat yang panas. Kondisi panas di permukaan mobil membuat cairan pembersih cepat mengering. Kondisi tersebut juga membuat mobil susah dicuci dan justru malah meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

4. Basahkan bodi mobil terlebih dahulu

Basahi seluruh permukaan mobil dengan air sebelum dibersihkan menggunakan sabun. Agar maksimal, mencuci mobil juga jangan langsung semua disabuni kemudian dibilas, melainkan satu-persatu membersihkannya. Misal saat anda sedang membersihkan kap depan, bersihkan hingga dibilas, baru kemudian berpindah ke sisi samping. Ini dilakukan supaya sabun tidak mengering cepat dan justru membentuk noda yang sulit dihilangkan.

Mulailah dari atas baru kemudian bersihkan sisi sampingnya. Siram mobil menggunakan selang tanpa nozzle.

5. Jangan gunakan handuk untuk mengeringkan

Biarkan mobil kering dengan sendirinya. Tak perlu berkeliling untuk sekadar mengeringkan mobil. Sebaiknya juga jangan menggunakan handuk karena bisa saja ada material kasar di handuk yang justru bisa membuat cat mobil lecet.

Atau bisa menggunakan kanebo halus agar proses pengeringan bisa lebih cepat

 

 

RF

You must be logged in to post a comment Login