5 Daftar Tentara Gaji Tertinggi, Indonesia Diurutan Berapa?

Viaberita.com, Jakarta, 5 Daftar Tentara Gaji Tertinggi – Ada yang tahu, negara mana yang menggaji tentaranya dengan sangat tinggi? Dikutip dari laman boombatis.com, memang sepatutnya layak jika seorang tentara mendapatkan penghasilan yang lebih dari kata cukup. Karena, bekerja menjadi seorang tentara risikonya sangatlah berat. Tak hanya soal cidera, kematian adalah hal yang sangat mungkin mereka alami. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah kenapa tiap tahun rekrutment tentara selalu penuh di setiap negara? Pastinya ada alasan khususnya dong kenapa orang-orang rela menjalani profesi dengan risiko berat ini.

Sebagai bukti rasa nasionalisme? Pasti. Tapi, ada alasan lain kenapa banyak orang mau menjadi tentara. Ya, ini adalah tentang gaji mereka yang besar. Sudah jadi rahasia umum kalau menjadi tentara itu salary-nya begitu tinggi. Bahkan kadang mereka tetap dibayar meskipun berstatus pensiun, termasuk tentara-tentara di Indonesia.

Lalu, kira-kira negara mana saja yang gila-gilaan dalam menggaji tentaranya? Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Kanada Menggaji Karyawanya Dengan Nominal Tak Karuan Banyaknya

Kanada mungkin bukan negara dengan militer terbaik di dunia. Kalau dilihat dari data yang ada di Global Fire Power, mereka hanya menduduki peringkat 22 dunia. Tapi, soal gaji tentara mereka adalah juara. Ya, Kanada adalah negara yang menggaji para serdadunya paling tinggi di antara negara mana pun.

Jumlahnya sendiri sekitar Rp 870an juta per tahunnya, atau sekitar Rp 72,5 juta per bulan. Gaji setinggi ini didapatkan oleh tentara yang hanya berpangkat sersan. Jadi, makin tinggi posisi dan pengalamannya, salary-nya tentu akan makin melejit.

2. Inggris, Negara yang Juga Menggaji Tentaranya Sangat Tinggi

Soal militer Inggris dari dulu adalah negara jawara. Tapi, kalau dibandingkan dengan yang para pesaingnya, negara Ratu Elizabeth ini kalah peringkat. Dengan Perancis saja mereka kalah rangking, meskipun hanya selisih satu angka. Tapi, soal gaji tentara, Inggris mengalahkan para saingannya.

Dilansir dari armedforces.co.uk, terpampang di saja berapa saja kisaran gaji-gaji para tentara Inggris. Kita ambil perbandingan yang sama dengan Kanada tadi, yakni sersan. Di pangkat yang sama, tentara Inggris mendapatkan bayaran sampai Rp 720 juta per tahun atau sekitar Rp 60 jutaan per bulannya. Makin tinggi pangkatnya, gajinya pun makin gila.

3. Perancis Juga Edan Menggaji Tentaranya

Soal peringkat militer Perancis memang di bawah India. Tapi, negaranya Napoleon ini menjadi yang paling greget di Eropa alias jawaranya benua biru. Perancis mengalahkan Inggris dan deretan negara kuat Eropa lainnya. Soal gaji, bayaran tentara Perancis sendiri juga lumayan tinggi meskipun tak setinggi Inggris.

Diketahui gaji untuk seorang sersan dengan pengalaman kurang dari dua tahun adalah sekitar Rp 708 juta per tahun, atau sekitar Rp 59 jutaan per bulannya. Gaji sebanyak ini akan makin bertambah tiap tahunnya. Apalagi kalau bisa mencapai naik pangkat. Bisa-bisa semilyar bisa didapatkan.

4. Jerman Juga Menggaji Tentaranya Dengan Jumlah Lumayan

Berbicara soal militernya Jerman, negara ini lumayan kuat meskipun tak sekuat seperti di masa Hitler dulu. Kalau dilihat dari peringkatnya sih cukup lumayan, yakni 9 dunia. Selisih 5 peringkat dengan kita yang ada di rangking 14. Kalau soal gaji, tentara di Jerman cukup sumringah dengan pendapatan per bulan yang lumayan.

Angka Rp 39 juta per bulan untuk pangkat sersan sama sekali tak buruk, bahkan bisa dibilang banyak meskipun tak sebanding dengan Inggris atau Perancis. Tapi, angka ini sendiri hanya basic salary. Tentara Jerman masih akan mendapatkan banyak tunjangan ini itu yang kalau ditotal semuanya jumlahnya cukup lumayan.

5. Amerika, Negara Paling Kuat Tapi Pelit Kepada Tentaranya

Cukup mengejutkan sebenarnya tidak menjumpai nama Amerika di peringkat pertama ulasan ini. Bagaimana tidak, mereka adalah pemilik militer terbaik di muka Bumi. Pastinya bayaran para tentaranya juga melimpah. Nyatanya tidak demikian. AS bisa dibilang pelit kepada tentaranya.

Soal bayaran, gaji para tentara Amerika hanya sekitar Rp 29 juta saja per bulan atau Rp 348 juta per tahun, ini juga untuk serdadu berperingkat sersan. Gaji ini sendiri tentu sangat jauh kalau dibandingkan dengan tentara tetangga mereka yang per bulannya mendapatkan Rp 72 jutaan. Sebenarnya gaji sejumlah itu bagi Amerika adalah hal yang wajar, mengingat jumlah tentaranya sangat banyak serta aktifnya banyak program-program militer di sana.

Jika di negara lain gaji tentaranya begitu menggila, Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sangat miris ternyata. Dengan pangkat yang sama yakni sersan, di Indonesia mereka hanya akan mendapatkan sekitar Rp 1,5 juta saja belum termasuk tunjangan. Angka ini sangat kecil kalau berkaca dari negara-negara di atas. Bahkan tentara berpangkat Letjen saja gajinya di sini hanya Rp 21 jutaan. (RF)

You must be logged in to post a comment Login