Avanza dan Xenia Akan Kehilangan Market Karena Mobil Ini

Viaberita.com, Jakarta – Wah ada kabar kurang menyenangkan nih dari pabrikan Toyonta dan Daihatsu, baru-baru ini, pasar otomotif di Indoneisa kedatangan pendatang baru dari segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV), Xpander. Mobil keluarga tujuh penumpang itu dipasarkan dengan harga mulai dari Rp189 jutaan hingga Rp245 jutaan.

Harga itu rupanya membuat pasar mobil bekas para pesaing Xpander merosot termasuk Avanza-Xenia.

Menurut Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih penurunan penjualan kedua mobil tersebut telah terjadi sejak hadirnya beberapa kompetitor baru di segmen low MPV.

“Sebelum ada Xpander, penurunan penjualan juga sudah terjadi waktu Honda mengeluarkan Mobilio. Sekarang penurunan dialami juga oleh Honda, karena Mobilio digunakan untuk taksi,” katanya seperti yang dikutp dari VIVA.co.id, Senin 9 Oktober 2017.

Saat disinggung penurunan harga yang dialami Avanza-Xenia, Herjanto mengatakan, saat ini banderol kedua mobil milik perusahaan asal Jepang tersebut bisa turun hingga 20 persen. Biasanya, penurunan hanya 10 persen.

“Penurunan harga bisa mencapai 20 persen dari harga barunya (Avanza-Xenia). Tetapi, tetap saja kalau harga tergantung lagi dari kilometer dan kondisi mobilnya. Cuma memang, Avanza dan Xenia terkena dampak sekali (peluncuran Xpander),” katanya.

Meski masih diminati, Avanza-Xenia saat ini lebih banyak diburu untuk digunakan sebagai taksi online. “Ketolong taksi online. Banyak taksi online masih menggunakan Avanza dan Xenia,” kata Herjanto. (RF)

You must be logged in to post a comment Login