Ada Al – Quran Tulis Tangan Berumur Ratusan Tahun di Kota Bogor

Viaberita.com, Bogor – Siapa sangka Masjid yang mampu menampung 700 rarusan jemaah yang berada di tengah Kota Bogor, lebih tepatnya di Bantarjati Kaum, Jalan Ciremai Ujung ini, terdapat peninggalan sejarah peradaban islam pada masa walisongo. Masjid yang di beri nama Al Musthofa ini, di bangun pada tahun 1307 M oleh Tubahus Mustofa Bakri, seorang tokoh penyebar agama islam di Bogor.

Tak heran jika Bogor di juluki sebagai kota Pendakwah. Selain masjid, ternyata Tubagus Mustofa Bakri juga meninggalkan sebuah Al-Quran dan catatan Khutbah Jum’atnya yang di tulis tangan.

Menurut keterangan dari Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) yang juga merupakan keturunan ke lima dari Tubagus Mustofa Bakrie, Mukti Natsir menjelaskan bahwa Al-quran yang ada di dalam masjid tersebut adalah tulisan tangan beliau.

“Al Quran ini ditulis tangan oleh Tubagus Mustofa Bakrie, pendiri masjid. usianya sudah ratusan tahun berbarengan dengan dibangunnya masjid,” ujarnya.

Al-Quran tulisan tangan itu disimpan rapi berdampingan dengan Buku Catatan Khutbah Jum’at Tubagus pada sebuah kotak kaca di dalam masjid.

“Iya Alhamdulillah bisa terawat dan tersimpan rapih di dalam masjid ini, jadi bisa jadi bahan pelajaran dan ilmu pengetahuan agar kita bisa meningkatkan iman dan taqwa,” ujar Mukti.

Pada tahun 2012 masjid Al-Mustofa pun masuk dalam cagar budaya Kota Bogor karena usianya yang sudah tua. (RF/JAR)

You must be logged in to post a comment Login