Cara Membuat Donat Panggang Labu Kuning

Viaberita.com, Jakarta – Anda pasti tahu labu kuning, ya kini labu kuning tidak lagi menjadi bahan makanan yang kurang disukai atau kurang diminati. Sebab bila diolah menjadi hidangan lezat yang inovatif, maka akan mampu menciptakan sajian yang enak dan lezat. Simak resep membuat sajian donat panggang labu kuning dibawah ini.

Bahan-Bahan Donat:

200 gram tepung terigu protein tinggi

175 ml susu cair dingin

125 gram labu kuning

50 gram gula pasir

1 sendok teh ragi instan

2 kuning telur

100 gram tepung terigu protein sedang

1 putih telur

2 tetes pewarna kuning

50 gram mentega tawar

1/2 sendok teh garam

Bahan Biang Untuk Donat:

80 ml air hangat

1 sendok teh ragi instan

1 sendok teh gula pasir

Bahan Toping Donat:

100 gram gula pasir

150 gram white cooking chocolate

150 ml susu cair

Cara Membuat Donat Panggang Labu Kuning yang Lembut, Lezat dan Empuk

Cara Membuat Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

Hal pertama silahkan lakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan seperti halnya baskom, loyang, beberapa wadah dan sebuah kocokan akan membantu anda untuk dapat membuat adonan donat dengan lebih mudah dan lebih praktis. Untuk itu, maka sebaiknya silahkan persiapkan semua peralatan yang disebutkan diatas agar mempermudah anda dalam membuat adonan.

Bila sudah selesai silahkan lanjutkan dengan mengupas kulit labu kuning dengan menggunakan pisau sampai bersih dan merata. Setelah itu, potong-potong labu dengan menggunakan pisau.

Bawa labu ke tempat cucian untuk kemudian dibersihkan secara merata sampai kotoran dan kuman yang ada pada labu bisa dihilangkan secara merata.

Kemudian masukkan potongan labu kuning dalam kukusan dan kukus secara merata hingga semua bahan ini berubah teksturnya menjadi lebih lembut dan matang secara merata.

Angkat bila sudah empuk dan matang, lalu haluskan dengan menggunakan garpu atau sendok sampai teksturnya benar-benar seperti puree. Setelah itu, sisihkan sementara.

Lanjutkan dengan melelehkan margarin dalam wajan. Caranya masukkan margarin kedalam wajan dan nyalakan api yang sedang untuk kemudian diamkan bahan ini sampai meleleh secara merata.

Cara Membuat Adonan:

Untuk membuat adonan terlebih dahulu silahkan buat bahan biangnya. Caranya aduk rata semua bahan biang dengan menggunakan sendok. Lalu diamkan bahan ini secara merata selama kurang lebih 15 menit sampai mengembang.

Setelah itu, campurkan bahan-bahan kering dan bahan basah seperti halnya tepung terigu, labu, gula pasir dan juga ragi instan. Aduk-aduk dengan menggunakan kocokan dan bila sudah mulai tercampur silahkan uleni dengan menggunakan tangan sampai tercampur. Masukkan pula bahan biang kedalamnya. Uleni merata.

Masukkan campuran telur bersama dengan susu dingin dan juga pewarna sedikit demi sedikit secara merata sambil diuleni hingga bahan tersebut menjadi lebih lembut merata. Masukkan mentega kedalamnya bersama dengan garam. Aduk-aduk dan uleni bahan tersebut merata.

Masukkan adonan dalam kantung plastik segitiga. Lalu semprotkan dalam cetakan tulban kecil yang telah diolesi dengan margarin. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang merata.

Oven selama 14 menit dibawah suhu 190 derajat sampai matang.

Untuk membuat topping, silahkan gosongkan gula pasir dan tuangkan susu sedikit demi sedikit aduk merata dan matikkan api. Masukkan white cooking coklat aduk bahan ini sampai larut dan tercampur merata.

Ambil satu buah donat dan celupkan dalam toping lalu biarkan kering dan sajikan. (RF)

 

You must be logged in to post a comment Login