Kerja Shift Malam?, Awas Kemampuan Otak Menurun

Viaberita.com – Sebuah riset mengatakan jika bekerja dalam rotasi shift malam mengakibatkan berkurangnya kemampuan otak dan menurunnya kemampuan intelektual.

Dua tim di universitas Swansea dan Universitas Toulouse melakukan penelitian terhadap tiga ribu orang yang berada di perancis yang melakukan tes memori, Kemampuan kognitif dan kecepatan berifkir. Didapati bawha secara alami otak mengalami penurunan kemampuan intelektual dan daya ingat seiring bertambahnya usia, Namun para peneliti menyebutkan jika bekerja pada shift malam menjadi daya dorong seseorang mengalami penurunan kemampuan otak.

Orang yang bekerja shift malam selama 10 tahun, sama tuannya dengan orang yang berusia 6 tahun lebih tua. Dan dari penelitian yang dilakukan dua tim dari dua universitas tersebut mengatakan dampak lain dari bekerja shift malam, yakni selain meurunnya daya kemampuan otak, juga dapat menyebabkan obesitas dan kanker.

Penelitian tersebut di muat di dalam jurnal Occupational and enviromental medicine, yang menunjukan jika seseorang bekerja dalam rotasi shift selama satu dekade maka akan memiliki usia otak enam tahun lebih tua dari usia sesungguhnya. Pada dasarnya jam internal tubuh kita di rancang secara otomatis untuk bekerja pada siang hari dan tidur pada malam hari.

Sejumlah temuan ini sangat penting untuk menangani penyakit dimensia, karena banyak pasien yang mengalami susah tidur.

You must be logged in to post a comment Login