Persib Juara Indonesia Super League 2014

Persib Juara ISL 2014

Viaberita.com – Persib Bandung keluar sebagai juara Indonesia Super League (ISL) 2014 setelah dilaga final mengalahkan Persipura Jayapura melalui drama adu pinalti. Firman Utina dkk. menang melalui drama adu pinalti yang berakhir dengan skor 5-3, setelah di waktu normal kedua tim bermain sama kuat 2-2. Keberhasilan Persib Juara ISL musim ini menjadi hadiah spesial bagi seluruh warga Bandung yang telah menanti selama 19 tahun.

Persib Juara ISL 2014

Pada laga yang di gelar di Stadion Jaka Baring, Palembang Jum’at (7/11/2014) malam WIB kedua tim sama – sama mengusung target juara. Kedua tim menunjukkan permainan terbuka dan saling bergantian melancarkan serangan sejak awal laga.

Persipura unggul lebih dulu lewat gol cepat, Ian Louis Kabes di menit ke-6. Ia berhasil menyelesaikan umpan matang Gerald Pangkali dengan sebuah tendangan mendatar terarah yang tak mampu dibendung oleh kiper Persib, I Made Wirawan.

Seakan tersengat oleh gol cepat tersebut armada Maung Bandung bahu membahu menciptakan peluang. Sayang serangan bertubi – tibu yang dilakukan oleh lini serang Persib masih belum mampu mengoyak gawang Persipura.

Petaka datang menghampiri Persipura di menit akhir babak pertama. Tim Mutiara Hitam harus bermain dengan sepuluh pemain usai Bio Paulin diganjar kartu merah akibat pelanggaran yang dilakukan terhadap Ferdinan Sinaga. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Bio ini persib mendapat tendangan bebas yang diambil oleh Firman Utina.

Sepakannya berhasil menciptakan kemelut di depan gawang Persipura dan memaksa Emmanuel Wanggai melakukan gol bunuh diri. Babak pertama ditutup dengan skor sama kuat 1-1.

Memasuki paruh kedua, Persib yang unggul jumlah pemain mampu memaksimalkan keuntungan tersebut dengan baik. Muhammad Ridwan mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 setelah sepakannya berhasil memperdaya kiper Persipura pada menit ke-53.

Tersentak dengan gol M. Ridwan, Boaz Salosa dkk. meningkatkan intensitas serangan. Semangat tak kenal menyerah pasukan Mutiara Hitam ini akhirnya berbuah manis di menit ke-73. Aktor dibalik terciptanya gol penyama kedudukan ini adalah pemain pengganti Fernando Pahabol. Serangan balik cepat yang dilakukan Persipura di akhiri dengan umpan manis Pahabol yang dengan cerdik berhasil dituntaskan menjadi gol oleh sang kapten, Boaz Salosa.

Skor sama kuat bertahan hingga waktu normal usai sehingga laga harus dilanjutkan ke babak extra time. Di babak perpanjangan waktu ini kedua tim sama – sama memperoleh peluang namun sayang keduanya gagal menciptakan satu buah gol pun. Akhirnya penentuan juara harus dilakukan melalui drama adu tendangan pinalti.

Di babak adu pinalti kelima eksekutor Persib Bandung mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka adalah Konate Makan, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto dan Achmad Jufriyanto. Sementara penendang keempat Persipura yakni Nelson Alom gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Persipura akhirnya harus menyerah diri Persib dengan skor 5-3.

Keberhasilan Persib Juara ISL musim ini menjadi puncak dari penantian panjangnya selama 19 tahun.

You must be logged in to post a comment Login