Jokowi Menuai Pujian Dengan Gaya Kerennya di Forum APEC

Jokowi diapit presiden obama dan presiden china

Jakarta, Viaberita.comKTT Asia-Pacific Economi Coorperation (APEC) 2014 yang di laksanakan di Beijing, China merupakan tindakan perdana Jokowi sebagai Presiden Indonesia di luar negeri. Pada agenda ini Presiden Jokowi menyampaikan sebanyak visi ekonomi Indonesia untuk 5 tahun ke depan.

Selain menyampaikan visi ekonomi Indonesia, Jokowi juga menjadi pembicara dengan membawakan topik “Konektivitas dan Infrastruktur”. Dalam membawakan materi, gaya Jokowi dalam menyampaikannya menuai sorotan, baik dari media yang meliput dari dalam maupun luar negeri.

Waktu menjadi pembicara, gaya Jokowi dalam menyampaikan isi materi dengan gaya seperti berikut :

Presentasi Jokowi dalam membawakan topik tersebut memakai slide dan berbahasa Inggris. Beliau tampil beda dengan para pemimpin negara lain yang menghadiri agenda APEC di Beijing. Dengan isi yang menggunakan bahasa Inggris pada slide dan penyampaiannya ia juga mengundang para investor untuk datang ke Indonesia.

Hal ini adalah kali pertama Presiden Joko Widodo tampil di forum International secara terbuka dan membawakan materi.

Pada slide yang pertama yang ditampilkan adalah peta Indonesia. Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia memiliki penduduk dengan jumlah 240 juta dan luas wilayahnya juga setara dengan Inggris dan Turki

Setelah itu, ia juga menyebutkan mengenai persoalan subsidi BBM yang mana pada waktu ini telah menghabiska sebanyak US$27 JUTA untuk subsidi BBM. Maka dari ia mecoba mengalihkan unuk hal lain, seperti waduk, pelabuhan hingga irigasi.

Dan subsidi akan dialihkan ke para nelayan, usaha mikro di desa dan program pendidikan hingga kesehatan.

Gaya selanjutnya yakni gaya Jokowi ketika sedang bernegosiasi ia kerap mengajak untuk makan siang apabila menghadapi masalah dengan warga dan akhirnya masalah akhirnya usai. Hal inilah yang membuat para CEO APEC terkagum di buatnya.

10 menit presentasi yang dibawakannya itu di gedung CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014). Jokowi menyampaikan bahwa terdapat peluang investasi yang baik di Indonesia. Ia juga menawarkan pada investor bahwa Indonesia akan merencakan proyek pelabuhan, listrik, rel kereta, hingga program tol laut.

Dan Jokowi juga menyinggung soal masalah di Indonesia yakni pembebasan lahan.

Diplomasi Presiden Joko Widodo di APEC

Kemudian gaya Presiden Jokowi yang ketiga adalah waktu Diplomasi, Presiden Joko Widodo menggunakan bahasa Indonesia ketika bertemu dengan para pemimpin negara lain dalam forum KTT APEC di Beijing.

Yang selanjutnya gaya ke empat yang menuai simpatik yakni ketika Jokowi bersedia untuk di ajak selfi olehpara CEO di Beijing.

Dan yang terakhir, ke lima, Jokowi diapit oleh Presiden AS Obama dan Presiden China Xi Jinping pada waktu sesi foto bersama. Dia berada di posisi paling depan.

You must be logged in to post a comment Login