Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer, Lakukan Langkah Ini

Viaberita.com – Kesehatan mata begitu penting, terkadang aktivitas kita sehari hari mengorbankan kinerja mata yang begitu berat. Ada baiknya kita tidak memforsir mata untuk bekerja terlalu berat di luar kemampuan.

Mata mempunyai sensifitas terhadap cahaya, Mata akan bekerja lebih ketika menatap cahaya, kemampuan mata untuk bekerja lebih juga membuat otot otot mata menjadi cepat tegang dan lelah. Begitu pula dengan halnya menatap komputer terlalu lama, karena monitor di buat dari panel LCD per piksel yang memproduksi cahaya, sehingga jika kita terlalu lama menatap komputer maka kemungkinan kesehatan mata menurun bisa terjadi.

Nah untuk mengatisipasi menurunnya kemampuan penglihatan akibat komputer yang bisa menyebabkan mata minus dan cylinder, ini dia tips nya :

    1. Mengistirahatkan mata setiap 20 menit
Mata juga perlu istirahat setiap 20 menit, walaupun kita tidak merasakan capek yang berlebih terhadap mata kita namun mengistirahatkan mata di rasa perlu untuk merangsang otot pada bola mata untuk rileks, Kamu bisa mengistirahatkan mata dengan cara memejamkan mata selama 20 detik dan merangsang bola mata untuk melihat objek pada posisi jauh sekitar 6 meter sehingga bola mata tidak dalam posisi tegang karena menatap komputer dalam jarak lumayan dekat.

    2. Jangan menatap layar monitor dalam ruangan yang gelap atau rendah cahaya
Hal itu membuat mata melakukan akomodasi lebih karena hanya menatap satu sumber cahaya. Sama halnya jika kita menatap matahari, maka lama kelamaan mata menjadi tidak nyaman dan berbayang dalam tempo waktu dekat, itu karena cahay matahari terlalu terang. Begitu pula dengan kita menatap layar monitor, meskipun efek yang dirasakan tidak dalam waktu dekat, namun lama kelamaan mata juga akan merasakan efek berbayang atau yang biasa di sebut mata cylinder.

  3. Jangan memaksakan mata untuk melihat jika mata sudah lelah
Jika kamu sudah merasakan kelelahan pada mata yang di tandai dengan ngantuk, mata sepat dan pusing, maka lebih baik jangan memaksakan mata untuk tetap bekerja, karena hal itu dapat merangsang bola mata untuk berubah bentuk karena terus menerus di forsir. Efek di kemudian hari bisa mengakibatkan mata minus, mata cylinder dan bisa juga Hypermetrophia.

Mejaga mata begitu penting, walaupun kita tidak mempunyai silsilah genetik mata minus, namun mata minus bisa terjadi dari gaya hidup kita sehari hari.

You must be logged in to post a comment Login