Kenaikan Harga BBM Rp 2.000/Liter, Pemerintah Hemat Lebih dari Rp 100 Triliun

Kenaikan Harga BBM Subsidi, Jokowi Umumkan Pukul 21.00 WIB

Jakarta, Viaberita.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 2.000/liter dan akan mulai diberlakukan tanggal 18 November 2014. Dengan dinaikkannya harga BBM bersubsidi ini ditaksir pemerintah akan berhemat lebih dari Rp 100 triliun.

Dampak dari penghematan anggaran sekitar Rp 100 triliun ini akan dirasakan pada penyusunan anggran negara tahun depan.

“Sebagai gambaran awal, bahwa kebijakan hari ini akan memberikan tambahan belanja produktif di atas Rp 100 triliun,” terang Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Lebih lanjut, Bambang mengatakan lewat kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi ini, akan ada pengalihan subsidi dari sektor konsumtif ke produktif, seperti untuk perbaikan infrastruktur dan perlindungan sosial.

“Dan yang paling penting untuk mendukung visi presiden, termasuk pengembangan pembangunan di sektor maritim,” kata Bambang.

Atas kdiberlakukannya kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi ini, mulai besuk harga BBM jenis premium naik menjadi Rp 8.500 sedangkan untuk jenis solar bersubsidi naik menjadi Rp 7.500.

You must be logged in to post a comment Login