Dalam 1 Tahun Sudah 3 Korban Jurnalis yang Ditembak Mati di Somalia

Dalam 1 Tahun Sudah 3 Korban Jurnalis yang Ditembak Mati di Somalia

Mogadishu, Viaberita.com – Terdapat segerombolan pemuda yang mengenakan senjata telah menembak mati seorang Jurnalis di Somalia. Pembunuhan Jurnalis di Somalia ini kali ketiga dalam kurun waktu satu tahun ini.

Jurnalis yang menjadi korban penembakan ini bernama Abdirisak Ali Abdi merupakan jurnalis radio yang tewas di kota Galkacyo, di daerah Puntland pada hari Selasa (18/11/2014) malam waktu setempat. Informasi tersebut di peroleh dari seorang teman satu kerja di Radio Daljir yakni Faduma Yusuf.

Seperti yang di kutip dari berita Reuters, Rabu (19/11/2014),”Sekumpulan pria bersenjata itu menembak korban dengan cara memberondong ke arahnya dengan beberapa peluru”.

Tak cuma bekerja sebagai jurnalis radio, korban yang sering di panggil dengan nama Abdi ini juga berkerja di sebuah stasiun televisi yang berbasis di London, Inggris. Demikian seperti yang disampaikan dari Serikat Nasional Jurnalis Inggris (NUSOJ). Abdi kini meninggalkan seorang istri dan dua orang anak yang telah di karuniakan bersama istrinya.

Hingga kini sebanyak 3 korban dalam kurun waktu 1 tahun, belum di ketahui apa motif dari penembakan tersebut. Akan tetapi para wartawan kerap kali menjadi sasaran sejak Somalia masuk ke dalam permasalahan atau konflik yang di alami berkepanjangan pada awal tahun 1980-an hingga sekarang.

Serangan yang di alami para jurnalis kadang kala di picu dari laporan-laporan mengenai korupsi atau perseteruan dan selain itu juga pemberitaan yang membahas mengenai implementasi hukum Islam juga telah membuat sekumpulan pria bersenjata itu marah dan timbullah serangan.

You must be logged in to post a comment Login