Agar Pasien Diabetes Tetap Bisa Makan Enak, Ini Syaratnya

Pasien Diabetes Tetap Bisa Makan Enak

Singapura, Viaberita.com – Ungkapan bahwa pasien diabetes tidak bisa makan enak, nampaknya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, menurut ahli Endokrinologi Gleneagles Meeical Centre, Singapura Dr Lee Chung Horn, pasien diabetes tetap bisa makan enak. Hanya saja ada syarat – syarat yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya?

Menurut Dr Lee pasien diabetes tetap bisa makan enak, asalkan ia rutin melakukan pengobatan, rutin berolah raga, serta mengatur pola makan secara baik. Selain itu ia juga menyarankan untuk tidak berlebihan, atau dengan bahasa lain ‘sekadar mencicipi’.

“Tapi tetap jangan berlebihan. Asal tahu rasanya saja sudah cukup. Lalu jangan pula karena merasa sudah rutin minum obat, bisa mengonsumsi semua makanan tapi tidak diimbangi dengan olahraga dan pengaturan pola makan lain,” terang Dr Lee di Sntec Singapore Convention and Exhibition Centre, Singapura dalam acara International Diabetes Federtion-Western Pacific Region (IDF-WPR) Congress.

Ditemui dalam acara yang sama, dr Indra Wijaya spPD, MKes mengutarakan trik bagi pasien diabetes ketika terpaksa harus makan berlebih. Ia mengatakan penambahan dosis insulin akan cukup membantu.

“Suntik sebelum makan, tambahkan 2-4 unit. Tapi kalau pakai obat oral, agak susah ya. Makanya lebih baik icip-icip saja. Tapi konsumsi makanan yang terlalu banyak dan juga terlalu manis ya jangan terlalu sering juga,” kata dr Indra.

You must be logged in to post a comment Login